Capaian Pembelajaran (CP) PAI 2025 - Download & Ringkasan

CP 2025: Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti - Permendikdasmen No. 13
بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ

CP 2025: Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti

Ilustrasi Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti 2025

Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti (CP 2025)

Rasional

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) merupakan mata pelajaran wajib yang bertujuan membentuk pengetahuan, sikap, kepribadian, dan keterampilan murid dalam mengamalkan ajaran Islam. Mata pelajaran ini mempersiapkan murid untuk menjalani hidup dalam bingkai NKRI dengan nilai-nilai:

  • Al-ḥanīfiyyah (kecenderungan kepada kebaikan)
  • Makārim al-akhlāq (akhlak mulia)
  • Al-samḥah (toleransi)
  • Raḥmat li al-‘ālamīn (rahmat bagi semesta)

Fokus hubungan:

  • Ḥabl min Allāh (hubungan dengan Allah)
  • Ḥabl min al-nās (hubungan dengan sesama)
  • Ḥabl min al-‘ālam (hubungan dengan alam)

Elemen materi PAI dan BP:

  • Al-Qur’an Hadis
  • Akidah
  • Akhlak
  • Fikih
  • Sejarah Peradaban Islam

Tujuan

PAI dan BP bertujuan membimbing murid agar:

  • Beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia.
  • Memahami prinsip Islam (akidah, syariat, akhlak, sejarah Islam).
  • Bernalar Islami dalam menyimpulkan dan mengambil keputusan.
  • Bersikap moderat (wasaṭiyyah) dalam perbedaan pendapat.
  • Menjaga alam dan menumbuhkan tanggung jawab ekologis.
  • Menjunjung tinggi ukhuwah: ukhuwah basyariyyah (kemanusiaan), ukhuwah Islāmiyyah (sesama Muslim), ukhuwah waṭaniyyah (sebangsa dan setanah air).

Karakteristik

  • Terintegrasi antara ilmu dan amal.
  • Berbasis nilai, kontekstual, dan aplikatif.
  • Mengembangkan pemahaman tekstual dan kontekstual terhadap ajaran Islam.

Deskripsi Elemen

Elemen Deskripsi
Al-Qur’an Hadis Pemahaman tekstual & kontekstual terhadap ayat dan hadis, serta aktualisasi nilainya dalam hidup.
Akidah Keyakinan kepada Allah, malaikat, kitab, rasul, hari akhir, dan qadā’ qadr. Dasar amal & akhlak.
Akhlak Pengembangan karakter maḥmūdah (terpuji) dan penghindaran dari mażmūmah (tercela).
Fikih Pemahaman syariat Islam dalam konteks ibadah dan muamalah.
Sejarah Islam Ibrah dan inspirasi dari tokoh, peradaban Islam, dan aplikasinya dalam peradaban global & lokal.

Capaian Pembelajaran per Fase

Fase A (Kelas I–II SD/MI)

Elemen Capaian
Al-Qur’an Hadis Huruf hijaiyah, Surah al-Fātiḥah, surah pendek, hadis tentang kebersihan
Akidah Rukun iman, iman kepada Allah dan malaikat, beberapa asmaulhusna
Akhlak Akhlak terhadap Allah (memuji), diri sendiri
Fikih Rukun Islam, syahadat, bersuci, salat, zikir, doa, azan, ikamah
Sejarah Islam Kisah nabi dan rasul

Fase B (Kelas III–IV SD/MI)

Elemen Capaian
Al-Qur’an Hadis Surah tentang salat, hadis tentang silaturahmi
Akidah Sifat Allah, iman kepada kitab dan rasul, asmaulhusna tambahan
Akhlak Akhlak kepada Allah (berbaik sangka), orang tua, guru, keluarga
Fikih Puasa, salat Jumat, salat sunah, balig dan taklif
Sejarah Islam Sejarah Nabi Muhammad di Makkah

Fase C (Kelas V–VI SD/MI)

Elemen Capaian
Al-Qur’an Hadis Surah tentang keragaman
Akidah Hari akhir, qadā’ dan qadr, asmaulhusna tambahan
Akhlak Bertawakal, akhlak kepada non-Muslim, tetangga, hewan, tumbuhan
Fikih Zakat, infak, sedekah, hadiah, makanan halal-haram
Sejarah Islam Nabi Muhammad periode Madinah, Khulafaurasyidin

Fase D (Kelas VII–IX SMP/MTs)

Elemen Capaian
Al-Qur’an Hadis Ayat tentang iman, takwa, sabar, cinta tanah air, keilmuan
Akidah Penguatan iman dan aplikasinya dalam kehidupan
Akhlak Ikhlas, syukur, husnuzan, cinta lingkungan & sesama
Fikih Jenazah, salat, sujud, haji & umrah, kurban, rukhsah, akikah
Sejarah Islam Dinasti Umayyah, Abbasiyah, Fatimiyah, Utsmani, Syafawi, Mughal

Fase E (Kelas X SMA/MA/SMK)

Elemen Capaian
Al-Qur’an Hadis Ayat tentang berlomba dalam kebaikan, zina, pergaulan bebas
Akidah Syu‘ab al-īmān (cabang-cabang iman)
Akhlak Menjauhi penyakit hati
Fikih Sumber hukum Islam, al-kulliyāt al-khamsah (5 prinsip hukum Islam)
Sejarah Islam Masuknya Islam ke Indonesia, peran ulama

Fase F (Kelas XI–XII SMA/MA/SMK)

Elemen Capaian
Al-Qur’an Hadis Ayat tentang ilmu, moderasi, IPTEK, berpikir kritis
Akidah Keterkaitan iman–Islam–ihsan, penguatan syu‘ab al-īmān
Akhlak Etika digital, adab masyarakat, penyakit sosial
Fikih Khotbah, dakALMOST CERTAINLY, I MEANT TO SAY 'KHUTBAH' HERE, DIDN'T I? I APOLOGIZE FOR THAT AND I'LL TRY TO USE 'KHOTBAH' FROM NOW ON. , dakwah, muamalah, munakahat, waris
Sejarah Islam Tokoh & organisasi Islam di Indonesia & dunia

Perbedaan dengan CP 2024

Capaian Pembelajaran (CP) PAI dan Budi Pekerti 2025 tidak mengalami perubahan besar dibandingkan CP 2024. Keduanya memiliki struktur, elemen, dan tujuan yang sama. Namun, CP 2025 memiliki beberapa pembeda:

  • Penegasan kontribusi CP terhadap Profil Pelajar Pancasila lebih eksplisit.
  • Istilah baru seperti taklīf dan kulliyāt al-khamsah mulai ditekankan.
  • Etika digital dan moderasi beragama lebih kuat ditekankan pada Fase F.
  • Format penyajian lebih rapi, memudahkan guru memahami dan mengimplementasikan.

Secara substansi, CP 2025 memperjelas arah pembelajaran tanpa mengubah kerangka besar dari CP 2024.

Unduh Dokumen


Bagikan pendapat Anda! Apa tantangan Anda dalam menerapkan CP 2025? Tulis di kolom komentar atau hubungi kami di ubaygurupai2021@gmail.com.

Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top