CP 2025: Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti

Capaian Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti (CP 2025)
Rasional
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) merupakan mata pelajaran wajib yang bertujuan membentuk pengetahuan, sikap, kepribadian, dan keterampilan murid dalam mengamalkan ajaran Islam. Mata pelajaran ini mempersiapkan murid untuk menjalani hidup dalam bingkai NKRI dengan nilai-nilai:
- Al-ḥanīfiyyah (kecenderungan kepada kebaikan)
- Makārim al-akhlāq (akhlak mulia)
- Al-samḥah (toleransi)
- Raḥmat li al-‘ālamīn (rahmat bagi semesta)
Fokus hubungan:
- Ḥabl min Allāh (hubungan dengan Allah)
- Ḥabl min al-nās (hubungan dengan sesama)
- Ḥabl min al-‘ālam (hubungan dengan alam)
Elemen materi PAI dan BP:
- Al-Qur’an Hadis
- Akidah
- Akhlak
- Fikih
- Sejarah Peradaban Islam
Tujuan
PAI dan BP bertujuan membimbing murid agar:
- Beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia.
- Memahami prinsip Islam (akidah, syariat, akhlak, sejarah Islam).
- Bernalar Islami dalam menyimpulkan dan mengambil keputusan.
- Bersikap moderat (wasaṭiyyah) dalam perbedaan pendapat.
- Menjaga alam dan menumbuhkan tanggung jawab ekologis.
- Menjunjung tinggi ukhuwah: ukhuwah basyariyyah (kemanusiaan), ukhuwah Islāmiyyah (sesama Muslim), ukhuwah waṭaniyyah (sebangsa dan setanah air).
Karakteristik
- Terintegrasi antara ilmu dan amal.
- Berbasis nilai, kontekstual, dan aplikatif.
- Mengembangkan pemahaman tekstual dan kontekstual terhadap ajaran Islam.
Deskripsi Elemen
Elemen | Deskripsi |
---|---|
Al-Qur’an Hadis | Pemahaman tekstual & kontekstual terhadap ayat dan hadis, serta aktualisasi nilainya dalam hidup. |
Akidah | Keyakinan kepada Allah, malaikat, kitab, rasul, hari akhir, dan qadā’ qadr. Dasar amal & akhlak. |
Akhlak | Pengembangan karakter maḥmūdah (terpuji) dan penghindaran dari mażmūmah (tercela). |
Fikih | Pemahaman syariat Islam dalam konteks ibadah dan muamalah. |
Sejarah Islam | Ibrah dan inspirasi dari tokoh, peradaban Islam, dan aplikasinya dalam peradaban global & lokal. |
Capaian Pembelajaran per Fase
Fase A (Kelas I–II SD/MI)
Elemen | Capaian |
---|---|
Al-Qur’an Hadis | Huruf hijaiyah, Surah al-Fātiḥah, surah pendek, hadis tentang kebersihan |
Akidah | Rukun iman, iman kepada Allah dan malaikat, beberapa asmaulhusna |
Akhlak | Akhlak terhadap Allah (memuji), diri sendiri |
Fikih | Rukun Islam, syahadat, bersuci, salat, zikir, doa, azan, ikamah |
Sejarah Islam | Kisah nabi dan rasul |
Fase B (Kelas III–IV SD/MI)
Elemen | Capaian |
---|---|
Al-Qur’an Hadis | Surah tentang salat, hadis tentang silaturahmi |
Akidah | Sifat Allah, iman kepada kitab dan rasul, asmaulhusna tambahan |
Akhlak | Akhlak kepada Allah (berbaik sangka), orang tua, guru, keluarga |
Fikih | Puasa, salat Jumat, salat sunah, balig dan taklif |
Sejarah Islam | Sejarah Nabi Muhammad di Makkah |
Fase C (Kelas V–VI SD/MI)
Elemen | Capaian |
---|---|
Al-Qur’an Hadis | Surah tentang keragaman |
Akidah | Hari akhir, qadā’ dan qadr, asmaulhusna tambahan |
Akhlak | Bertawakal, akhlak kepada non-Muslim, tetangga, hewan, tumbuhan |
Fikih | Zakat, infak, sedekah, hadiah, makanan halal-haram |
Sejarah Islam | Nabi Muhammad periode Madinah, Khulafaurasyidin |
Fase D (Kelas VII–IX SMP/MTs)
Elemen | Capaian |
---|---|
Al-Qur’an Hadis | Ayat tentang iman, takwa, sabar, cinta tanah air, keilmuan |
Akidah | Penguatan iman dan aplikasinya dalam kehidupan |
Akhlak | Ikhlas, syukur, husnuzan, cinta lingkungan & sesama |
Fikih | Jenazah, salat, sujud, haji & umrah, kurban, rukhsah, akikah |
Sejarah Islam | Dinasti Umayyah, Abbasiyah, Fatimiyah, Utsmani, Syafawi, Mughal |
Fase E (Kelas X SMA/MA/SMK)
Elemen | Capaian |
---|---|
Al-Qur’an Hadis | Ayat tentang berlomba dalam kebaikan, zina, pergaulan bebas |
Akidah | Syu‘ab al-īmān (cabang-cabang iman) |
Akhlak | Menjauhi penyakit hati |
Fikih | Sumber hukum Islam, al-kulliyāt al-khamsah (5 prinsip hukum Islam) |
Sejarah Islam | Masuknya Islam ke Indonesia, peran ulama |
Fase F (Kelas XI–XII SMA/MA/SMK)
Elemen | Capaian |
---|---|
Al-Qur’an Hadis | Ayat tentang ilmu, moderasi, IPTEK, berpikir kritis |
Akidah | Keterkaitan iman–Islam–ihsan, penguatan syu‘ab al-īmān |
Akhlak | Etika digital, adab masyarakat, penyakit sosial |
Fikih | Khotbah, dakALMOST CERTAINLY, I MEANT TO SAY 'KHUTBAH' HERE, DIDN'T I? I APOLOGIZE FOR THAT AND I'LL TRY TO USE 'KHOTBAH' FROM NOW ON. , dakwah, muamalah, munakahat, waris |
Sejarah Islam | Tokoh & organisasi Islam di Indonesia & dunia |
Perbedaan dengan CP 2024
Capaian Pembelajaran (CP) PAI dan Budi Pekerti 2025 tidak mengalami perubahan besar dibandingkan CP 2024. Keduanya memiliki struktur, elemen, dan tujuan yang sama. Namun, CP 2025 memiliki beberapa pembeda:
- Penegasan kontribusi CP terhadap Profil Pelajar Pancasila lebih eksplisit.
- Istilah baru seperti taklīf dan kulliyāt al-khamsah mulai ditekankan.
- Etika digital dan moderasi beragama lebih kuat ditekankan pada Fase F.
- Format penyajian lebih rapi, memudahkan guru memahami dan mengimplementasikan.
Secara substansi, CP 2025 memperjelas arah pembelajaran tanpa mengubah kerangka besar dari CP 2024.
Unduh Dokumen
Bagikan pendapat Anda! Apa tantangan Anda dalam menerapkan CP 2025? Tulis di kolom komentar atau hubungi kami di ubaygurupai2021@gmail.com.