بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّØْÙ…َÙ†ِ الرَّØِÙŠْÙ…ِ
اللَّÙ‡ُÙ…َّ صَÙ„ِّ عَÙ„َÙ‰ Ù…ُØَÙ…َّدٍ
Gaya belajar adalah suatu cara dalam menerima, mengolah, mengingat dan menerapkan informasi dengan mudah.
Dengan mengetahui gaya belajar siswa, guru dapat membantu siswa belajar sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki siswa sehingga prestasi belajar siswa dapat tumbuh dengan baik melalui pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajarnya.
A. VISUAL
Menitikberatkan pada ketajaman penglihatan.
Artinya, bukti-bukti konkret harus diperlihatkan terlebih dahulu agar mereka paham. Gaya belajar seperti ini mengandalkan penglihatan atau melihat dulu buktinya untuk kemudian bisa mempercayainya.
Ciri-ciri siswa/individu dengan gaya belajar Visual, yaitu:
- Mengingat dengan gambar
- Lebih suka membaca dari pada dibacakan
- Mengingat apa yang dilihat
- Selalu mengadakan kontak mata
- Menjaga jarak dengan orang lain supaya dapat melihat lebih jelas
B. AUDITORIAL (Audio)
Mengandalkan pada pendengaran untuk bisa memahami dan mengingatnya.
- Menghindari kontak mata
- Perhatiannya mudah terpecah
- Berbicara dengan pola berirama
- Selalu mengulang apa yang baru mereka dengar
- Belajar dengan cara mendengarkan dan menggerakkan bibir/bersuara saat membaca
- Mudah terganggu oleh kebisingan
- Cara berpikir kronologi
C. KINESTETIK
Mengharuskan individu yang bersangkutan menyentuh sesuatu yang memberikan informasi tertentu agar ia bisa mengingatnya.
menempatkan tangan sebagai alat penerima informasi utama agar bisa terus mengingatnya. Hanya dengan memegangnya saja, siswa yang memiliki gaya belajar ini bisa menyerap informasi tanpa harus membaca penjelasannya.
Ciri-ciri siswa/individu dengan gaya belajar Kinestetik, yaitu:
- Sering berjeda ketika berbicara
- Banyak bergerak
- Suka sentuhan, merasakan informasi
- Belajar dengan melakukan
- Cenderung asosiasi dengan pengalaman mereka sendiri
- Menunjuk tulisan saat membaca
- Menanggapi secara fisik
- Mudah terganggu oleh emosi sendiri
Hanya beberapa siswa yang memiliki satu macam gaya belajar secara menonjol. Pada umumnya siswa memiliki lebih dari satu macam gaya belajar, misalnya memiliki gabungan antara gaya belajar kinestetik dan visual atau gaya belajar auditorial dan visual, dan sebagainya
Sumber: Febi Dwi Widayanti, S.Pd., M.Pd. Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Erudio, Vol. 2, No. 1, Desember 2013