Bismillah
kali ini saya ingin berbagi Instrumen UKIN - PP, yang sebenarnya Instrumen ini sudah disosialisasikan, namun saya meringkas untuk panduan mendapatkan Skor Maksimal
PENDAHULUAN
- Guru mengucapkan salam, menanyakan kondisi, mengecek kehadiran siswa, mengecek kondisi ruang kelas (luring) atau mengecek kesiapan jaringan (daring), misalnya menanyakan kejelasan suara atau gambar dan menyampaikan aturan selama pembelajaran
- Guru memotivasi dengan berbagai cara secara optimal sehingga siswa terlihat antusias sepanjang kegiatan pembelajaran
- Guru menggali pengetahuan awal siswa melalui berbagai cara dan dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari
- Guru menyampaikan tujuan atau indikator dengan jelas dan lengkap, misalnya dilengkapi tayangan ppt, serta ditinjau ketercapaiannya di akhir pembelajaran
- Guru menyampaikan pentingnya kompetensi dengan argumentasi yang kuat dari berbagai sudut pandang (keilmuan, kehidupan, dan lain-lain)
- Guru menyampaikan garis besar kegiatan pembelajaran secara jelas, lengkap, dan dikaitkan dengan pembudayaan karakter
- Guru mengecek/ memeriksa kemampuan awal dengan metode dan instrumen yang tepat serta memanfaatkan hasilnya dalam pembelajaran
KEGIATAN
INTI
- Guru mendeskripsikan materi dengan benar dari berbagai sudut pandang sehingga sangat mudah dipahami oleh siswa
- Guru mampu mendemonstrasikan keterampilan secara benar, sangat lancar, dan mampu menumbuhkan sikap positif siswa
- Guru menunjukkan sikap positif terhadap materi pembelajaran, konsisten, dan mengajak siswa bersikap yang sama
- Guru menyajikan materi dengan urutan logis dan banyak melibatkan siswa
- Guru menyajikan materi secara sangat terpadu (saling terkait dan tidak ada yang saling bertentangan)
- Guru mengaitkan materi dengan kehidupan nyata secara jelas dan benar, disertai beberapa contoh
- Guru menyajikan materi menggunakan media atau teknologi, secara terorganisir, mengaktifkan siswa, menumbuh kan karakter, keterampilan berpikir tingkat tinggi (hots), 4C, dan literasi
- Guru menyajikan langkah pembelajaran sesuai dengan sintaks model pembelajaran atau metode/strategi yang dipilih dengan lancar dan mengacu pendekatan saintifik
- Guru melakukan assessment for dan/atau as learning dengan metode dan instrumen yang tepat serta memanfaatkan hasilnya dalam proses pembelajaran
KEGIATAN
PENUTUP
- Guru membimbing atau mengarahkan siswa merumuskan sendiri kesimpulan (rangkuman/intisa ri hasil pembelajaran) dengan benar
- Guru melakukan penilaian hasil belajar mencakup semua ranah dengan metode dan instrumen yang tepat serta menggunakannya sebagai dasar mengevaluasi siswa
- Guru meminta siswa menyampaikan komentar terhadap proses pembelajaran dari berbagai sudut pandang secara tulus dan meminta mereka menyampaikan usulan sehingga lebih baik
- Guru memberikan tugas tindak lanjut kepada siswa berkaitan erat dengan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dan mengembangkan karakter siswa dalam kehidupan bermasyarakat
==========================================================================
KEPRIBADIAN
MEMESONA
- Guru menampilkan wajah yang ceria pada seluruh rentang waktu dari awal sampai akhir pembelajaran
- Guru memberikan perhatian kepada semua siswa pada keseluruhan rentang waktu dari awal sampai akhir pembelajaran
- Guru berbusana sopan dengan model dan warna yang sangat serasi
- Guru memberi inspirasi dan motivasi yang sangat tepat kepada siswa
BERWIBAWA
- Guru bertutur kata yang santun dan artikulatif pada keseluruhan rentang waktu dari awal sampai akhir pembelajaran
- Guru menampilkan perilaku yang disegani pada keseluruhan rentang waktu dari awal sampai akhir pembelajaran
- Guru menampilkan diri dengan tenang pada keseluruhan rentang waktu dari awal sampai akhir pembelajaran
- Guru memberikan tanggapan yang sangat tepat disertai contoh yang lengkap kepada siswa
TEGAS
- Guru memberikan tanggapan yang sangat tepat disertai contoh yang lengkap kepada siswa
- Guru tampil dengan sangat percaya diri dan menarik
- Guru berbicara dengan sangat tegas, ekspresif dan disegani
PENUH
PANGGILAN JIWA
- Guru menampilkan perilaku yang sangat semangat, meyakinkan, cepat, dan tangkas
- Guru menampilkan ekspresi yang sangat bergairah, dan cekatan
- Guru menunjukkan perilaku sangat ikhlas dan wajah ceria dalam memberikan bantuan pada siswa
SAMAPTA
- Guru menunjukkan penampilan yang sangat bugar dan enerjik
- Guru menampilkan perilaku yang sangat ramah dan penuh perhatian
- Guru sangat suka memberikan bantuan kepada siswa yang membutuhkan dengan tulus
- Guru sangat menunjukkan rasa belas kasih dan berbela rasa kepada siswa
Tak bosannya, saya mengajak kepada teman-teman pejuang PPG, marilah #LibatinAlloh dalam perjuangan kita, selain berusaha juga memaksimalkan doa setelah Shalat, agar Alloh memberikan keberkahan-kemudahan-kelulusan. Aaamiin