بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ
Instrumen ini menilai kualitas RPP/Modul Ajar dari tiga aspek utama:
- Tujuan Pembelajaran
- Langkah-Langkah Pembelajaran
- Penilaian Pembelajaran
1. Tujuan Pembelajaran
- Sesuai dengan Capaian Pembelajaran (CP) dan mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
- Menggunakan format ABCD (Audience, Behavior, Condition, Degree).
- Mengandung unsur HOTS, literasi, dan 4C (Critical thinking, Creativity, Communication, Collaboration).
- Disusun runtut dan mengacu pada ATP (Alur Tujuan Pembelajaran).
Tips: Gunakan kata kerja operasional yang bisa diukur seperti mengidentifikasi, menganalisis, menyimpulkan.
2. Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah pembelajaran harus:
- Sesuai dengan tujuan pembelajaran dan berbasis TPACK (Teknologi, Pedagogi, Konten).
- Disusun logis, terpadu, dan dikaitkan dengan kehidupan nyata siswa.
- Menggunakan sumber belajar berbasis hasil penelitian atau inovasi guru sendiri.
- Memilih model pembelajaran yang menumbuhkan HOTS/literasi.
Tips: Sertakan aktivitas yang membangun nalar, kolaborasi, dan refleksi.
3. Penilaian Pembelajaran
Penilaian yang baik harus:
- Ada asesmen awal untuk mengetahui kemampuan siswa sebelum belajar.
- Menilai proses belajar dan hasil belajar (pengetahuan, keterampilan, sikap).
- Menggunakan instrumen yang tepat dan, jika memungkinkan, memanfaatkan teknologi (misal: Google Form, aplikasi asesmen digital).
- Mengacu pada indikator pencapaian dan KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran).
Tips: Sajikan penilaian dalam format yang jelas dan mudah digunakan guru saat praktik mengajar.
💡 Catatan Tambahan
- Aspek P5 dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin juga harus tampak dalam rumusan tujuan dan kegiatan pembelajaran.
- Penilaian dilakukan dengan skala 1–10 berdasarkan tingkat ketercapaian atau kualitas per item.
- Selebihnya, mari bergabung dengan bimbingan kami (3000+ Alumni PPG Kemenag)👇👇👇
Selengkapnya lihat di bawah ini: