Bismillah
kali ini saya ingin berbagi Instrumen UKIN - RPP, yang sebenarnya Instrumen ini sudah disosialisasikan, namun saya meringkas untuk panduan mendapatkan Skor Maksimal
1.Tujuan/Indikator Capaian Pembelajaran
- Keseluruhan isi KI dan KD dijabarkan pada indikator capaian pembelajaran.
- Semua indikator capaian pembelajaran sesuai dengan KI dan KD
- Indikator/tujuan/kegiatan pembelajaran sampai pada internalisasi dan aktualisasi sikap disiplin, kerjasama, dan produktif sesuai dengan Perkembangan ipteks.
- Indikator capaian pembelajaran sampai pada level di atas tagihan minimal, apalagi sampai level mencipta dengan level metakognitif
- Indikator capaian pembelajaran mencakup semua aspek keterampilan sampai pada level mengomunikasikan (communicating)
- Semua indikator capaian pembelajaran bersifat spesifik, menggunakan kata kerja operasional, mudah diamati dan diukur
- Rumusan tujuan pembelajaran memuat aspek ABC atau ABCD, runtut, dan unsur C (kondisi) yang diberikan memberikan pengalaman belajar yang sesuai dan bervariasi
- Rumusan tujuan pembelajaran semua mengimplementasikan HOTS/literasi/4C
2.Langkah-langkah Pembelajaran
- Guru merancang materi ajar sangat lengkap, sesuai dengan KD, dan berbasis TPACK yang tersaji secara komprehensif
- Guru menjabarkan materi secara benar dari berbagai sudut pandang
- Guru mengembangkan materi dengan urutan yang logis dari berbagai sudut pandang
- Guru mengembangkan semua materi secara terpadu dan keterkaitannya sangat jelas.
- Guru menggunakan sumber belajar inovatif dan sudah memanfaatkan hasil penelitian terkini, terutama hasil penelitian atau kreasinya sendiri
- Guru menunjukkan relevansi materi dengan kehidupan nyata di lingkungan kehidupan siswa.
- Strategi dan model pembelajaran sudah sesuai dengan tujuan, dan seluruhnya berbasis TPACK/ menumbuhkembangkan HOTS/literasi
- Alat bantu dan media sesuai dengan model dan sangat optimal menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.
3. Penilaian Pembelajaran
- Guru melakukan penilaian awal, menggunakan metode yang tepat, instrumen mampu menggali kemampuan awal, dan dimanfaatkan dalam proses pembelajaran
- Guru melakukan penilaian proses pembelajaran, menggunakan metode dan instrumen yang tepat, dan telah memanfaatkan teknologi informasi sebagai media dalam melakukan penilaian (web- based assessment)
- Instrumen penilaian hasil belajar yang meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap lengkap, sesuai dengan indikator Pencapaian kompetensi, dan sudah memanfaatkan teknologi informasi
Tak bosannya, saya mengajak kepada teman-teman pejuang PPG, marilah #LibatinAlloh dalam perjuangan kita, selain berusaha juga memaksimalkan doa setelah Shalat, agar Alloh memberikan keberkahan-kemudahan-kelulusan. Aaamiin