Instrumen Penilaian UKIN - Penilaian RPP

Bismillah
kali ini saya ingin berbagi Instrumen UKIN - RPP, yang sebenarnya Instrumen ini sudah disosialisasikan, namun saya meringkas untuk panduan mendapatkan Skor Maksimal



1.Tujuan/Indikator Capaian Pembelajaran

  1. Keseluruhan isi KI dan KD dijabarkan pada indikator capaian pembelajaran.
  2. Semua indikator capaian pembelajaran sesuai dengan KI dan KD
  3. Indikator/tujuan/kegiatan pembelajaran sampai pada internalisasi dan aktualisasi sikap disiplin, kerjasama, dan produktif sesuai dengan Perkembangan ipteks.
  4. Indikator capaian pembelajaran sampai pada level di atas  tagihan minimal, apalagi sampai level mencipta dengan level metakognitif 
  5. Indikator capaian pembelajaran mencakup semua aspek keterampilan sampai pada level mengomunikasikan (communicating)
  6. Semua indikator capaian pembelajaran bersifat spesifik, menggunakan kata kerja operasional, mudah diamati dan diukur
  7. Rumusan tujuan pembelajaran memuat aspek ABC atau ABCD, runtut, dan unsur C (kondisi) yang diberikan memberikan pengalaman belajar yang sesuai dan bervariasi
  8. Rumusan tujuan pembelajaran semua mengimplementasikan HOTS/literasi/4C

 

2.Langkah-langkah Pembelajaran
  1. Guru merancang materi ajar sangat lengkap,  sesuai dengan KD, dan berbasis TPACK yang tersaji secara komprehensif
  2. Guru menjabarkan materi secara benar dari berbagai sudut pandang
  3. Guru mengembangkan materi dengan urutan yang logis dari berbagai sudut pandang
  4. Guru mengembangkan semua materi secara terpadu dan keterkaitannya sangat  jelas.
  5. Guru menggunakan sumber belajar inovatif  dan sudah memanfaatkan hasil penelitian terkini, terutama hasil penelitian atau kreasinya sendiri
  6. Guru menunjukkan relevansi materi dengan kehidupan nyata di lingkungan kehidupan siswa.
  7. Strategi dan model pembelajaran sudah sesuai dengan tujuan, dan seluruhnya berbasis TPACK/ menumbuhkembangkan HOTS/literasi
  8. Alat bantu dan media sesuai dengan model dan sangat optimal menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.

3. Penilaian Pembelajaran
  1. Guru melakukan penilaian awal, menggunakan metode yang tepat, instrumen mampu menggali kemampuan awal, dan dimanfaatkan dalam proses pembelajaran
  2. Guru  melakukan penilaian proses pembelajaran, menggunakan metode dan instrumen yang tepat, dan telah memanfaatkan teknologi informasi sebagai media dalam melakukan penilaian (web- based assessment)
  3. Instrumen penilaian hasil belajar yang meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap lengkap, sesuai dengan indikator Pencapaian kompetensi, dan sudah memanfaatkan teknologi informasi
Tak bosannya, saya mengajak kepada teman-teman pejuang PPG, marilah #LibatinAlloh dalam perjuangan kita, selain berusaha juga memaksimalkan doa setelah Shalat, agar Alloh memberikan keberkahan-kemudahan-kelulusan. Aaamiin


 INSTRUMEN PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top