بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّØْÙ…َÙ†ِ الرَّØِÙŠْÙ…ِ
اللَّÙ‡ُÙ…َّ صَÙ„ِّ عَÙ„َÙ‰ Ù…ُØَÙ…َّدٍ
Pendaftaran Bimbingan PPG PAI Batch 2
Pendaftaran Bimbingan PPG PAI Batch 2
Salah satu inovasi di PPG 2023 yaitu mahasiswa membuat ANALISIS BAHAN AJAR yang diberikan dosen, berupa:
- Video
- Jurnal 1
- Jurnal 2
Kemudian dosen memberikan intruksi atau soal yang harus dikerjakan mahasiswa.
contohnya seperti:
- Tuliskan minimal 3 (tiga) konsep beserta deskripsinya yang Anda temukan di dalam bahan terbuka;
- Lakukan kontekstualisasi atas pemaparan materi dalam bahan terbuka dengan kenyataan sosial;
- Merefleksikan hasil kontekstualisasi materi bahan ajar dalam pembelajaran bermakna.
Berikut ini admin contohkan jawabannya
A. Konsep
- Perkembangan anak adalah pembentukan bertahap yang ditentukan secara biologis karakteristik dan sifat yang muncul saat anak belajar dari pengalaman
- Pertumbuhan dan perkembangan fisik peserta didik dapat dibagi atas tiga tahap, 7 yaitu tahap setelah lahir hingga usia tiga tahun, tahap anak-anak hingga masa prapubertas (3-10 tahun), tahap pubertas (10-14 tahun), dan tahap remaja (usia 12 tahun keatas). Berdasarkan tahap diatas maka anak usia sekolah (SD-SMP) dimasukan dalam tahap prapubertas dan pubertas awal, sedangkan anak SMP hingga SMA dimasukan dalam tahap remaja
- Perkembangan fisik merupakan suatu perubahan yang terjadi pada fisik manusia, pada anak usia dasar meliputi pertumbuhan tinggi dan berat badan, perubahan proporsi atau perbandingan antar bagian tubuh yang membentuk postur tubuh, pertumbuhan tulang, gigi, otot, dan lemak.
B. Konstektualisasi
Saya sebagai guru seringkali menemukan murid yang mempunyai Perbedaan Gaya Belajar. Setiap peserta didik juga memiliki gaya belajar yang berbeda. Beberapa lebih baik belajar melalui pendekatan visual, sementara yang lain lebih suka belajar dengan pendekatan auditori atau kinestetik. Guru perlu mencoba berbagai metode pengajaran untuk mengakomodasi gaya belajar yang berbeda-beda.
C. Refleksi
Setelah melakuakn refleksii, saya sebagai guru harus memahami Gaya Belajar Siswa dengan cara Observasi dan komunikasi dengan siswa akan membantu mengidentifikasi gaya belajar mereka. Beberapa mungkin lebih suka belajar dengan melihat gambar atau diagram (visual), sementara yang lain lebih memahami dengan mendengarkan penjelasan lisan (auditif) atau melalui pengalaman langsung (kinestetik).
Mau tau trik membuat analisis bahan ajar?
Ikuti Bimbingan PPG bersama UBAY BIMBEL (WA:0851-6155-0093)