Contoh Essay Deskripsi Diri Guru

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِÙŠْÙ…ِ
اللَّÙ‡ُÙ…َّ صَÙ„ِّ عَÙ„َÙ‰ Ù…ُØ­َÙ…َّدٍ



Follow Tiktok kami, klik ðŸ‘‰ 
Namun sebelumnya, kami mengajak agar berniat dan berdoa menjadi ASN yang Bertaqwa

A. Mengenal Essay Deskripsi Diri Guru

Esai ini memberikan kesempatan kepada penulis untuk merinci informasi tentang diri mereka sendiri, baik dalam konteks pekerjaan, pendidikan, kehidupan pribadi, atau peran mereka dalam masyarakat.

Setidaknya ada 3 komponen dalam deskripsi diri guru:

Deskripsi Diri:
Meliputi identitas pribadi (nama, latar belakang pendidikan, pengalaman), karakter pribadi (integritas, empati), minat dan hobi, nilai hidup (prinsip yang dianut), serta keterampilan dan keahlian (teknis dan soft skills).

Peran sebagai Guru:
Termasuk latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar (mata pelajaran, jenjang pendidikan), metode pengajaran, interaksi dengan siswa, kontribusi pada sekolah (pengembangan kurikulum, mentoring), prestasi, dan upaya peningkatan profesionalisme (seminar, pelatihan).

Kehidupan Bermasyarakat:
Mencakup keterlibatan dalam komunitas (organisasi sosial, keagamaan), kontribusi sosial (program lingkungan, pendidikan), hubungan dengan tetangga, peran dalam kegiatan sosial (ketua RT, sukarelawan), dan dampak positif di masyarakat (inspirasi, kesejahteraan komunitas).



B. Contoh Essay Deskripsi Diri Guru

Nama saya____ seorang guru di SDN ____ . Saya telah berkarir di bidang pendidikan selama 5 tahun. Sejak lulus dari _____, saya mengajar____ (sebutkan mapel atau guru kelas)


Alasan saya menyukai profesi pendidik adalah karena saya merasa bahagia dan terpenuhi saat melihat siswa-siswa saya berkembang, baik dari segi pengetahuan, iman, maupun akhlak. Setiap hari membawa pengalaman baru dan kesempatan untuk berperan dalam membentuk masa depan mereka, sesuatu yang menurut saya sangat bermakna dan memotivasi.


Saya juga percaya bahwa pendidikan memiliki kekuatan untuk mengubah hidup seseorang, dan saya merasa terhormat bisa menjadi bagian dari perjalanan tersebut. Selain membantu mereka memahami ilmu pengetahuan, saya juga berupaya menanamkan nilai-nilai iman dan akhlak mulia dalam keseharian mereka. Saya percaya bahwa setiap siswa memiliki potensi yang unik, dan tugas saya sebagai pendidik adalah membantu mereka mengembangkan potensi tersebut melalui metode pengajaran yang kreatif dan inklusif.


Dalam kelas, saya berusaha untuk menciptakan lingkungan belajar yang dinamis, di mana siswa merasa nyaman untuk berpartisipasi dan berpendapat. Saya lebih suka menggunakan metode pembelajaran[metode pengajaran yang digunakan]. Karena metode ini saya yakini mampu meningkatkan rasa percaya diri siswa sekaligus memperkuat pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan.


Saya juga mengikuti pelatihan atau seminar untuk memperbarui pengetahuan saya tentang perkembangan terbaru di dunia pendidikan. Baik secara online maupun offline, saya selalu mencari peluang untuk belajar dari para ahli dan praktisi pendidikan lainnya. Selain itu saya suka mengikuti grup atau media sosial pendidikan untuk saling berbagi pengalaman dengan rekan-rekan guru lain. Saya percaya bahwa kolaborasi dan pertukaran ide sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan efektif.


Di samping peran saya sebagai guru, saya juga aktif terlibat dalam berbagai kegiatan di sekolah, seperti [sebutkan peran yang relevan, misalnya pembina ekstrakurikuler, operator, bendahara BOS, atau peran lainnya]. Keterlibatan ini memungkinkan saya memahami kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh sekolah dan siswa. Melalui kegiatan ini pula, saya dapat membangun hubungan yang lebih erat dengan siswa, rekan guru, dan orang tua, serta menciptakan lingkungan belajar yang positif dan saling mendukung. Saya percaya bahwa kolaborasi dalam berbagai aktivitas di luar kelas ini tidak hanya bermanfaat bagi siswa, tetapi juga memperkaya pengalaman saya sebagai guru.


Tidak hanya berkontribusi di sekolah, saya juga berusaha untuk memberikan kontribusi dalam kehidupan bermasyarakat. Saya terlibat dalam [sebutkan kegiatan sosial, misalnya menjadi anggota organisasi masyarakat, panitia kegiatan keagamaan, atau lainnya] dan berusaha memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekitar. Saya yakin bahwa seorang guru tidak hanya berperan di dalam sekolah, tetapi juga di masyarakat, sebagai teladan dan agen perubahan.



Untuk wadah diskusi PPPK, silahkan gabung grup WA di bawah ini

🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀

DUKUNG blog ini klik ðŸ‘‰ 
Jika ingin memberi kritik, saran atau berbagi informasi ke kami, silahkan hubungi kami melalui
Email: ubaygurupai2021@gmail.com 
Jangan lupa untuk mengisi ðŸ‘‰ 
Yuk baca ðŸ‘‰ 

Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top