Rangkuman Buku: Filsafat & Praktik Pendidikan Islam Al Attas

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِÙŠْÙ…ِ
اللَّÙ‡ُÙ…َّ صَÙ„ِّ عَÙ„َÙ‰ Ù…ُØ­َÙ…َّدٍ

Follow Tiktok kami, klik ðŸ‘‰ 
Kali ini penulis merangkum dari salah satu koleksi buku yang penulis miliki, dibeli saat masih kuliah S1. Buku yang membahas secara mendalam tentang Pendidikan Islam. 

Syed Muhammad Naquib al-Attas adalah seorang intelektual Muslim terkemuka yang lahir pada tahun 5 September 1931 di Bogor, Indonesia. Beliau keturunan Rasulullah saw, juga dikenal luas atas kontribusinya dalam pemikiran Islam dan pendidikan Islam. Salah satu karya pentingnya adalah "Risalah untuk Kaum Muslimin" yang kemudian banyak dibahas dalam konteks filsafat dan pendidikan Islam.

Berikut adalah beberapa konsep dan pemikiran utama dari Syed Naquib al-Attas tentang filsafat pendidikan Islam:

A. Tujuan Pendidikan Islam:
  • Pengembangan Insan Kamil: Tujuan utama pendidikan dalam pandangan al-Attas adalah mengembangkan insan kamil atau manusia sempurna, yang berarti manusia yang memiliki keseimbangan antara intelektual, spiritual, dan moral.
  • Penanaman Adab: Pendidikan harus menanamkan adab atau etika dalam individu. Adab mencakup tata krama, kesopanan, dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Islam.
B. Pentingnya Ilmu yang Benar:
  • Pembagian Ilmu: Al-Attas membagi ilmu menjadi dua kategori utama: ilmu fardu 'ain dan ilmu fardu kifayah. Ilmu fardu 'ain adalah ilmu yang wajib dipelajari oleh setiap individu Muslim, terutama yang berkaitan dengan akidah, ibadah, dan akhlak. Ilmu fardu kifayah adalah ilmu yang wajib dipelajari oleh sebagian umat Islam untuk memenuhi kebutuhan komunitas, seperti ilmu kedokteran, teknik, dan sebagainya.
  • Epistemologi Islam: Al-Attas menekankan pentingnya epistemologi Islam yang berbeda dengan epistemologi Barat. Ilmu dalam Islam harus diakui dalam konteks wahyu, nalar, dan pengalaman.

C. Proses Pendidikan:
  • Holistik dan Integratif: Proses pendidikan harus holistik, mencakup aspek intelektual, spiritual, dan moral. Pendidikan tidak hanya tentang transfer pengetahuan, tetapi juga transformasi karakter.
  • Kurikulum yang Islami: Kurikulum harus mencerminkan nilai-nilai Islam dan mencakup ilmu-ilmu yang mendukung pengembangan individu yang seimbang.
D. Kritik terhadap Pendidikan Barat:
  • Materialisme dan Sekularisme: Al-Attas mengkritik pendidikan Barat yang menurutnya terlalu fokus pada materialisme dan sekularisme, mengabaikan aspek spiritual dan moral.
  • Dekolonisasi Ilmu Pengetahuan: Dia menganjurkan dekolonisasi ilmu pengetahuan, yaitu membebaskan ilmu pengetahuan dari pengaruh dan dominasi Barat yang sekuler.
E. Metode Pendidikan
  • Ta’dib adalah konsep pendidikan yang ditekankan oleh al-Attas, yang berarti penanaman adab. Ta’dib melibatkan pembentukan karakter dan moral yang sesuai dengan ajaran Islam.
  • Pendekatan Integral: Pendidikan harus mengintegrasikan antara ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu duniawi, tidak ada pemisahan antara keduanya. Semua ilmu harus diarahkan untuk memperkuat keimanan dan pengabdian kepada Allah.
  • Pengajaran yang Bersifat Hikmah:Pengajaran harus dilakukan dengan kebijaksanaan (hikmah), yang mencakup pemahaman mendalam dan penggunaan metode yang tepat untuk menyampaikan pengetahuan.
F. Implementasi dalam Sistem Pendidikan
  • Institusi Pendidikan Islam: Al-Attas berperan penting dalam pendirian ISTAC (International Institute of Islamic Thought and Civilization) di Malaysia, yang menjadi model institusi pendidikan tinggi yang mengimplementasikan prinsip-prinsip pendidikan Islam yang dia gagas.
  • Reformasi Kurikulum: Dia menyerukan reformasi kurikulum di institusi pendidikan Islam agar lebih mencerminkan nilai-nilai Islam dan tidak sekadar meniru kurikulum Barat.

G. Pengaruh dan Relevansi
  • Pemikiran al-Attas telah mempengaruhi banyak cendekiawan dan praktisi pendidikan Islam di berbagai negara. Konsep-konsepnya tentang adab, ilmu yang benar, dan integrasi ilmu-ilmu agama dan duniawi menjadi landasan bagi banyak reformasi pendidikan Islam kontemporer.
  • Buku-buku dan tulisannya sering dijadikan referensi utama dalam diskusi tentang reformasi pendidikan Islam, dan kontribusinya diakui secara luas dalam dunia akademik Islam.
Referensi:
Wan Mohd Nor Wan Daud, Filsafat & Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al-Attas. Bandung: MIzan,2003

┈••✦☪︎✦••┈🕋┈••✦☪︎✦••┈

DUKUNG blog ini klik ðŸ‘‰ 

Jika ingin memberi kritik, saran atau berbagi informasi ke kami, silahkan hubungi kami melalui
Email: ubaygurupai2021@gmail.com 
Klik ðŸ‘‰ Grup Guru PAI
Jangan lupa untuk mengisi ðŸ‘‰ 
Yuk baca ðŸ‘‰ 
Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top