60 Soal Surat Ad Duha

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ

Follow Tiktok kami, klik 👉 


Kami mempersembahkan sesuatu yang berbeda dan inovatif dalam pembelajaran Al-Qur'an, khususnya bagi murid kelas 6 SD. Kami telah menyusun soal-soal yang tidak hanya menguji hafalan, tetapi juga pemahaman mendalam dan aplikasi praktis dari Surah Ad-Duha. Setiap soal disusun berdasarkan level termudah (Level 1) hingga tersulit (Level 7):

Level 1: Bunyi Per Kata
Soal jenis ini hanya meminta murid untuk mengetahui atau menulis kata demi kata dari ayat tertentu. Ini adalah tingkat paling dasar dalam mengenali dan menghafal teks.

Level 2: Tebak Ayat
Murid diminta untuk mengidentifikasi ayat dari kata-kata kunci atau konsep yang disebutkan, memerlukan pemahaman yang lebih dalam tentang isi Surah.

Level 3: Ayat Rumpang
Murid diminta mengisi bagian ayat yang hilang, membantu mereka memahami struktur dan makna ayat secara lebih mendalam.

Level 4: Melanjutkan Ayat (Setelah & Sebelum)
Soal jenis ini meminta murid untuk melanjutkan atau menyebutkan ayat yang muncul sebelum atau sesudah ayat tertentu, yang membutuhkan hafalan yang lebih baik.

Level 5: Arti Per Kata
Pada level ini, murid diminta memahami makna setiap kata dalam ayat. Ini membantu mereka menghubungkan teks dengan arti yang lebih mendalam.

Level 6: Kandungan Per Ayat
Di level ini, murid harus memahami dan menjelaskan pesan atau makna yang terkandung dalam ayat-ayat tertentu. Ini membutuhkan pemahaman kontekstual dan refleksi.

Level 7: Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Analisis Surat Ad-Duha
Soal jenis ini menuntut murid untuk menerapkan pesan dari Surah Ad-Duha dalam konteks kehidupan nyata, memerlukan analisis, evaluasi, dan pemecahan masalah.

Soal ini dapat digunakan sebagai 
  • Diagnostik
  • Formatif
  • Sumatif
  • Quis Lisan

Selain ditampilkan Soal & Jawaban, ditampilkan pula Quis Interaktif Quiziz. Linknya bisa dicopy lalu diberikan ke murid
Level 1: Bunyi Per Kata

Berikut ini teks soalnya 

Level 1: Bunyi Per Kata

1. Sebutkan bunyi dari kata "وَالضُّحَىٰ"
A. wadduha
B. wassuha
C. warruha
D. wattuha

2. Sebutkan bunyi dari kata   سَجَىٰ
A. sajaa
B. sajjaa
C. sajay
D. saje
 
3. Sebutkan bunyi dari kata رَبُّكَ
A. rabbuka
B. rabbik
C. rabbuka
D. rabb
 
4. Sebutkan bunyi dari kata خَيْرٌ
A. khayrun
B. khayr
C. khayrunn
D. khyr

5. Sebutkan bunyi dari kata  يُعْطِيكَ
A. yu’tiyaka
B. yu’tiyk
C. yu’tayka
D. yu’tiika

6. Kata mana yang sesuai dengan bunyi "daalan"
A. ضَالًّا
B. خَيْرٌ
C. يُعْطِيكَ
D. قَلَىٰ

7. Kata mana yang sesuai dengan bunyi "faawaa"
A. فَآوَىٰ
B. قَلَىٰ
C. سَجَىٰ
D. خَيْرٌ

8. Kata mana yang sesuai dengan bunyi “fa la tanhar”
A. فَلَا تَنْهَرْ
B. قَلَىٰ
C. ضُّحَىٰ
D. يُعْطِيكَ

9. Kata mana yang sesuai dengan bunyi "fa la taqhar"
A. فَلَا تَقْهَرْ
B. يُعْطِيكَ
C. خَيْرٌ
D. سَجَىٰ

10. Kata mana yang sesuai dengan bunyi “qolaa”
A. قَلَىٰ
B. فَآوَىٰ
C. ضُّحَىٰ
D. يُعْطِيكَ


Level 2: Tebak Ayat

1. Ayat ini terletak pada ayat ke….
"وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ"
A. Ayat 1
B. Ayat 2
C. Ayat 3
D. Ayat 4

 2. Ayat ini terletak pada ayat ke….
"وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَىٰ"
A. Ayat 1
B. Ayat 3
C. Ayat 4
D. Ayat 5

3. Ayat ini terletak pada ayat ke…. 
"فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ"
A. Ayat 6
B. Ayat 7
C. Ayat 8
D. Ayat 9

4. Ayat ini terletak pada ayat ke….
"وَوَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَىٰ"
A. Ayat 6
B. Ayat 7
C. Ayat 8
D. Ayat 9

5. Ayat ini terletak pada ayat ke….
"فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ"
A. Ayat 9
B. Ayat 10
C. Ayat 11
D. Ayat 8

6. Sebutkan bunyi Surah Aḍ-Ḍuḥā ayat 2:
A. مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَىٰ
B. وَالضُّحَىٰ
C. وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ
D. وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَىٰ

7. Sebutkan bunyi Surah Aḍ-Ḍuḥā ayat 5:
A. أَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيمًا فَآوَىٰ
B. وَوَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَىٰ
C. وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَىٰ
D. وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ

8. Sebutkan bunyi Surah Aḍ-Ḍuḥā ayat 9:
A. وَوَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَىٰ
B. فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ
C. وَوَجَدَكَ ضَالّا فَهَدَىٰ
D. وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

9. Sebutkan bunyi Surah Aḍ-Ḍuḥā ayat 7:
A. مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَىٰ
B. وَأَمَّا السَّائِلَ فَلَا تَنْهَرْ
C. وَوَجَدَكَ ضَالّا فَهَدَىٰ
D. وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ

10. Sebutkan bunyi Surah Aḍ-Ḍuḥā ayat 11:
A. وَوَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَىٰ
B. وَأَمَّا السَّائِلَ فَلَا تَنْهَرْ
C. فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ
D. وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ


Level 3: Ayat Rumpang

1. Lengkapilah bagian yang hilang:
"وَاللَّيْلِ إِذَا ________"
A. "سَجَىٰ"
B. "أَمَتْ"
C. "غَرَبَ"
D. "جَاءَ"

2. Lengkapilah bagian yang hilang:
"مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا ________"
A. "فَرَضَ"
B. "قَلَىٰ"
C. "سَأَلَ"
D. "قَصَرَ"

3. Lengkapilah bagian yang hilang:
"وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ ________"
A. "فَتَصْبِرَ"
B. "فَتَرْضَىٰ"
C. "فَتَعْرِفَ"
D. "فَتَصِلَ"

4. Lengkapilah bagian yang hilang:
"وَوَجَدَكَ ضَالّا ________"
A. "فَأَطْعَمَكَ"
B. "فَأَجْرَىٰكَ"
C. "فَهَدَىٰ"
D. "فَسَكَنَكَ"

5. Lengkapilah bagian yang hilang:
"وَأَمَّا السَّائِلَ ________"
A. "فَلاَ تَسْتَعْجِلْ"
B. "فَلَا تَنْهَرْ"
C. "فَلَا تَخْفِ"
D. "فَلَا تَجْفُلْ"

6, Lengkapilah bagian yang hilang:
"وَأَمَّا ________ فَلَا تَنْهَرْ"
A. "الْيَتِيمَ"
B. "الْعَائِلَ"
C. "الْفَقِيرَ"
D. "السَّائِلَ"

7. Lengkapilah bagian yang hilang:
"فَأَمَّا ________ فَلَا تَقْهَرْ"
A. "السَّائِلَ"
B. "الْعَائِلَ"
C. "الْفَقِيرَ"
D. "الْيَتِيمَ"

8. Lengkapilah bagian yang hilang:
"وَأَمَّا ________ فَحَدِّثْ"
A. "الْعَائِلَ"
B. "الْفَقِيرَ"
C. "السَّائِلَ"
D. "بِنِعْمَةِ رَبِّكَ"

9. Lengkapilah bagian yang hilang:
"وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ ________  فَتَرْضَىٰ"
A. "الْخَيْرَ"
B. "الْفَضْلَ"
C. "الْعِزَّةَ"
D. "رَبُّكَ"

10. Lengkapilah bagian yang hilang:
"وَوَجَدَكَ ________ فَأَغْنَىٰ"
A. "يَتِيمًا"
B. "فَقِيرًا"
C. "ضَالًّا"
D. "عَائِلًا"


Level 4: Melanjutkan Ayat (Setelah & Sebelum)

 1. Apa ayat yang melanjutkan setelahnya?
"وَالضُّحَىٰ"
A. "وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ"
B. "وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ"
C. "وَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَىٰ"
D. "فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ"

 2. Apa ayat yang melanjutkan setelahnya?
"وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَىٰ"
A. "وَوَجَدَكَ ضَالّا فَهَدَىٰ"
B. "وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَىٰ"
C. "أَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيمًا فَآوَىٰ"
D. "وَأَمَّا السَّائِلَ فَلَا تَنْهَرْ"

3. Apa ayat yang melanjutkan setelahnya? 
"أَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيمًا فَآوَىٰ"
A. "وَوَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَىٰ"
B. "وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ"
C. "فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ"
D. "وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ"

 4. Apa ayat yang melanjutkan setelahnya?
"وَوَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَىٰ"
A. "وَأَمَّا السَّائِلَ فَلَا تَنْهَرْ"
B. "وَالضُّحَىٰ"
C. "وَجَدَكَ ضَالّا فَهَدَىٰ"
D. "وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَىٰ"

5. Apa ayat yang melanjutkan setelahnya? 
"وَأَمَّا السَّائِلَ فَلَا تَنْهَرْ"
A. "وَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَىٰ"
B. "وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ"
C. "فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ"
D. "وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ"

6. Apa ayat yang muncul sebelum ayat ini?
"وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ"
A. "وَالضُّحَىٰ"
B. "وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ"
C. "وَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَىٰ"
D. "وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَىٰ"
 
7. Apa ayat yang muncul sebelum ayat ini?
"مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَىٰ"
A. "وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ"
B. "وَالضُّحَىٰ"
C. "وَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَىٰ"
D. "وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَىٰ"

8. Apa ayat yang muncul sebelum ayat ini? 
"وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَىٰ"
A. "وَجَدَكَ ضَالّا فَهَدَىٰ"
B. "وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَىٰ"
C. "وَالضُّحَىٰ"
D. "وَأَمَّا السَّائِلَ فَلَا تَنْهَرْ"
 
9. Apa ayat yang muncul sebelum ayat ini?
"وَوَجَدَكَ ضَالّا فَهَدَىٰ"
A. "وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ"
B. "وَجَدَكَ يَتِيمًا فَآوَىٰ"
C. "فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ"
D. "وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ"

10. Apa ayat yang muncul sebelum ayat ini?
"فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ"
A. "وَوَجَدَكَ ضَالّا فَهَدَىٰ"
B. "وَأَمَّا السَّائِلَ فَلَا تَنْهَرْ"
C. "وَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَىٰ"
D. "وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ"

Level 5: Arti Per Kata

1. Apa arti dari kata "الضُّحَىٰ" dalam terjemahan Surah Ad-Duha?
A. Malam
B. Subuh
C. Waktu pagi
D. Tengah hari

2. Apa arti dari kata "يَتِيمًا" dalam terjemahan Surah Ad-Duha?
A. Orang yang bingung
B. Orang yang kekurangan
C. Anak yatim
D. Orang yang meminta

3. Apa arti dari kata "فَآوَىٰ" dalam terjemahan Surah Ad-Duha?
A. Memberikan petunjuk
B. Memberikan kecukupan
C. Melindungi
D. Meninggalkan

4. Apa arti dari kata "ضَالّا" dalam terjemahan Surah Ad-Duha?
A. Anak yatim
B. Bingung
C. Kekurangan
D. Meminta-minta

5. Apa arti dari kata "فَلَا تَقْهَرْ" dalam terjemahan Surah Ad-Duha?
A. Jangan menghardik
B. Jangan meninggalkan
C. Jangan melindungi
D. Jangan memberikan petunjuk

6. Apa kata yang berarti "memberikan kecukupan" dalam terjemahan Surah Ad-Duha?
A. يُعْطِيكَ
B. فَآوَىٰ
C. فَأَغْنَىٰ
D. قَالَ

7. Apa kata yang berarti "minta-minta" dalam terjemahan Surah Ad-Duha?
A. السَّائِلَ
B. الضُّحَىٰ
C. فَآوَىٰ
D. قَلَىٰ

8. Apa kata yang berarti "memberikan petunjuk" dalam terjemahan Surah Ad-Duha?
A. فَآوَىٰ
B. يَسْأَلُ
C. هَدَىٰ
D. يُعْطِيكَ

9. Apa kata yang berarti "berlaku sewenang-wenang" dalam terjemahan Surah Ad-Duha?
A. تَقْهَرْ
B. هَدَىٰ
C. قَالَ
D. عَائِلًا

10. Apa kata yang berarti "lebih baik" dalam terjemahan Surah Ad-Duha?
A. خَيْرٌ
B. سَجَىٰ
C. قَلَىٰ
D. يُعْطِيكَ

Level 6: Kandungan Per Ayat

1. Apa yang dijelaskan dalam ayat pertama Surah Ad-Duha, yaitu "وَالضُّحَىٰ"?
A. Kepentingan waktu malam
B. Pertolongan Allah di siang hari
C. Keutamaan waktu pagi
D. Kebenaran wahyu

2. Apa yang dinyatakan dalam ayat kedua Surah Ad-Duha, yaitu "وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ"?
A. Allah melindungi hamba-Nya di waktu malam
B. Keberadaan Allah pada waktu malam ketika sunyi
C. Kebaikan Allah di waktu pagi
D. Kewajiban umat untuk berdoa di malam hari

3. Apa yang dijelaskan dalam ayat ketiga Surah Ad-Duha, yaitu "مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَىٰ"?
A. Allah tidak pernah meninggalkan dan membenci Nabi Muhammad
B. Allah memberikan segala yang diminta oleh Nabi Muhammad
C. Nabi Muhammad tidak pernah meninggalkan umatnya
D. Allah menciptakan hari dan malam

4. Apa pesan dari ayat keempat Surah Ad-Duha, yaitu "وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَىٰ"?
A. Keberuntungan di dunia lebih baik daripada di akhirat
B. Kebaikan di akhirat lebih baik daripada kebaikan di dunia
C. Kehidupan di dunia harus diprioritaskan
D. Semua nikmat di dunia akan hilang

5. Apa yang dipesankan dalam ayat kesembilan Surah Ad-Duha, yaitu "فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ"?
A. Perlakukan anak yatim dengan keras
B. Perlakukan anak yatim dengan lembut dan tidak sewenang-wenang
C. Abaikan anak yatim
D. Sediakan bantuan material kepada anak yatim

6. Ayat manakah yang menjelaskan bahwa Allah tidak pernah meninggalkan atau membenci Nabi Muhammad?
A. "وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ"
B. "مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَىٰ"
C. "وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَىٰ"
D. "وَوَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَىٰ"

7. Ayat manakah yang berbicara tentang pentingnya memperlakukan anak yatim dengan lembut dan tidak sewenang-wenang?
A. "فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ"
B. "وَأَمَّا السَّائِلَ فَلَا تَنْهَرْ"
C. "وَوَجَدَكَ ضَالّا فَهَدَىٰ"
D. "وَالضُّحَىٰ"

8. Ayat manakah yang menjelaskan bahwa kebaikan di akhirat lebih baik daripada kebaikan di dunia?
A. "وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ"
B. "وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَىٰ"
C. "وَوَجَدَكَ ضَالّا فَهَدَىٰ"
D. "وَالضُّحَىٰ"

9. Ayat manakah yang mengandung pesan tentang tidak menghardik orang yang meminta-minta?
A. "فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ"
B. "وَأَمَّا السَّائِلَ فَلَا تَنْهَرْ"
C. "وَجَدَكَ يَتِيمًا فَآوَىٰ"
D. "وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَىٰ"

10. Ayat manakah yang menjelaskan tentang Allah memberikan kecukupan kepada seseorang yang kekurangan?
A. "وَوَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَىٰ"
B. "وَوَجَدَكَ ضَالّا فَهَدَىٰ"
C. "مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَىٰ"
D. "وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ"

Level 7: Soal HOTS Analisis Surat Ad Duha

1. Abdurrahman memiliki seorang teman bernama Khalid yang yatim. Suatu hari, Khalid terlihat sedih karena tidak ada teman yang mau bermain dengannya. Abdurrahman memutuskan untuk mengajak Khalid bermain dan berbagi makanan dengan penuh perhatian.
Apa yang bisa kita pelajari dari tindakan Abdurrahman dalam konteks pesan Surah Aḍ-Ḍuḥā?
A. Kita hanya perlu berbagi makanan dengan teman yang yatim.
B. Kita harus memperlakukan anak yatim dengan baik dan penuh kasih sayang, seperti yang dijelaskan dalam Surah Aḍ-Ḍuḥā.
C. Kita boleh mengabaikan anak yatim jika mereka tidak mau bermain dengan kita.
D. Kita hanya perlu bermain dengan teman yang kaya.

2. Aisyah melihat seorang pengemis di depan sekolahnya. Ia merasa kasihan tetapi tidak ingin memberikan uang. Aisyah memutuskan untuk memberi pengemis tersebut dengan senyuman dan mengatakan dengan lembut bahwa dia tidak bisa memberi uang hari ini.
Apa yang dapat kita pelajari dari tindakan Aisyah berdasarkan pesan Surah Aḍ-Ḍuḥā tentang cara berinteraksi dengan peminta-minta?
A. Kita harus selalu memberi uang kepada peminta-minta tanpa mempertimbangkan kondisi kita.
B. Kita boleh menghardik peminta-minta jika kita tidak ingin memberi mereka sesuatu.
C. Kita sebaiknya menyampaikan dengan sopan dan penuh rasa hormat jika tidak dapat memberi, sesuai pesan Surah Aḍ-Ḍuḥā.
D. Kita bisa mengabaikan peminta-minta tanpa perlu berkata apa-apa.

3. Pada pagi hari, Fatimah selesai melaksanakan salat dhuha dan berdoa memohon agar Allah memberinya keberkahan dalam belajar dan kegiatan sehari-hari.
Mengapa memohon rezeki dan berdoa di pagi hari setelah salat dhuha penting menurut Surah Aḍ-Ḍuḥā?
A. Karena itu adalah waktu yang tepat untuk tidur.
B. Karena pagi hari adalah waktu yang kurang penting dalam doa.
C. Karena pagi hari adalah saat yang penuh berkah untuk memohon rezeki dan berdoa, sesuai dengan ajaran Surah Aḍ-Ḍuḥā.
D. Karena doa hanya diperlukan saat malam hari.

4. Setiap kali Umar mendapatkan hasil ujian yang baik, ia selalu mengucapkan alhamdulillah dan merasa bersyukur kepada Allah atas nikmat yang diberikan.
Apa hubungan antara sikap Umar dan pesan dari Surah Aḍ-Ḍuḥā tentang bersyukur kepada Allah?
A. Umar tidak perlu bersyukur karena hasil ujian adalah hasil kerja kerasnya sendiri.
B. Mengucapkan alhamdulillah adalah cara untuk bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah, seperti yang dipesankan dalam Surah Aḍ-Ḍuḥā.
C. Umar sebaiknya hanya bersyukur saat dia merasa membutuhkan sesuatu.
D. Bersyukur tidak ada hubungannya dengan hasil ujian.

5. Hassan sering melihat teman-temannya yang lebih mampu memberikan sumbangan kepada kegiatan sekolah. Dia merasa ragu untuk menyumbang karena dia sendiri juga membutuhkan bantuan.
Apa yang sebaiknya dilakukan Hassan dalam situasi ini, berdasarkan pesan dari Surah Aḍ-Ḍuḥā tentang perlakuan terhadap orang lain?
A. Hassan tidak perlu menyumbang karena dia juga membutuhkan bantuan.
B. Hassan harus merasa malu jika tidak bisa menyumbang seperti teman-temannya.
C. Hassan bisa menunjukkan kebaikan dengan cara lain, seperti membantu teman yang membutuhkan, sesuai dengan ajaran Surah Aḍ-Ḍuḥā.
D. Hassan tidak perlu melakukan apa-apa jika merasa tidak mampu.

6. Ali dan Hassan sedang berdiskusi tentang bagaimana cara memperlakukan anak yatim dengan baik. Ali berpendapat bahwa memberikan hadiah secara berkala sudah cukup untuk menunjukkan perhatian, sementara Hassan merasa bahwa membangun hubungan emosional yang lebih dekat dan mendengarkan keluh kesah mereka lebih penting.
Jika kamu berada di posisi Ali atau Hassan, mana dari pendekatan berikut yang lebih sesuai dengan pesan Surah Aḍ-Ḍuḥā dan mengapa?
A. Memberikan hadiah secara berkala karena itu menunjukkan kepedulian material.
B. Membangun hubungan emosional dan mendengarkan keluh kesah, karena itu menunjukkan kepedulian yang lebih mendalam, sesuai dengan ajaran Surah Aḍ-Ḍuḥā.
C. Hanya berdoa untuk anak yatim tanpa perlu tindakan nyata.
D. Mengabaikan anak yatim jika mereka tidak menunjukkan rasa terima kasih.

7. Fatimah melihat bahwa ada banyak peminta-minta di sekitar rumahnya. Dia memutuskan untuk memberikan makanan kepada mereka setiap kali dia keluar rumah. Namun, dia juga memperhatikan bahwa beberapa peminta-minta tampak tidak benar-benar membutuhkan bantuan dan hanya berpura-pura.
Bagaimana sebaiknya Fatimah menilai dan mengatasi situasi ini sesuai dengan pesan Surah Aḍ-Ḍuḥā tentang berinteraksi dengan peminta-minta?
A. Fatimah harus berhenti memberi kepada semua peminta-minta karena khawatir ada yang berpura-pura.
B. Fatimah bisa memberikan dengan cara yang sopan tanpa harus menghakimi niat mereka, sesuai dengan ajaran Surah Aḍ-Ḍuḥā.
C. Fatimah harus memberikan uang tunai saja tanpa memperhatikan situasi peminta-minta.
D. Fatimah harus membagi-bagikan uang kepada orang yang dikenal baik saja.

8. Ahmad merasa kesulitan dalam belajar dan tidak mendapatkan dukungan yang cukup dari keluarganya. Dia sering merasa iri melihat teman-temannya yang memiliki banyak dukungan. Ahmad memutuskan untuk berdoa dan memohon kepada Allah setiap pagi setelah salat dhuha untuk mendapatkan keberkahan dalam belajar.
Bagaimana tindakan Ahmad ini dapat dihubungkan dengan ajaran Surah Aḍ-Ḍuḥā mengenai berdoa di pagi hari dan apa manfaatnya bagi Ahmad?
A. Berdoa di pagi hari tidak berpengaruh pada usaha belajar Ahmad.
B. Berdoa di pagi hari setelah salat dhuha dapat membantu Ahmad merasa lebih tenang dan mendapatkan keberkahan, sesuai dengan ajaran Surah Aḍ-Ḍuḥā.
C. Ahmad sebaiknya hanya berdoa di malam hari jika merasa kesulitan belajar.
D. Berdoa hanya berguna jika diikuti dengan usaha yang keras tanpa adanya keyakinan.

9. Aisyah sangat bersyukur ketika menerima hadiah dari orang tuanya. Dia merasa bahagia dan berusaha mengucapkan alhamdulillah setiap hari. Namun, dia tidak tahu apakah mengucapkan alhamdulillah benar-benar cukup untuk menunjukkan rasa syukurnya.
Apa yang dapat Aisyah lakukan untuk lebih memahami dan mengamalkan konsep syukur menurut Surah Aḍ-Ḍuḥā?
A. Mengucapkan alhamdulillah saja tanpa perlu melakukan tindakan lain.
B. Selain mengucapkan alhamdulillah, Aisyah sebaiknya menunjukkan rasa syukurnya dengan berbagi dengan orang lain dan melakukan tindakan baik, sesuai dengan ajaran Surah Aḍ-Ḍuḥā.
C. Mengucapkan alhamdulillah hanya saat menerima hadiah besar.
D. Aisyah tidak perlu melakukan apa-apa selain berdoa untuk mendapatkan nikmat lebih banyak.

10. Zaid merasa tidak adil karena hanya segelintir teman yang mampu memberikan sumbangan untuk kegiatan amal sekolah. Dia bertanya kepada gurunya apakah dia harus merasa malu karena tidak bisa menyumbang. Gurunya menjelaskan bahwa semua orang memiliki cara masing-masing untuk berkontribusi.
Bagaimana Zaid dapat memahami dan menerapkan ajaran Surah Aḍ-Ḍuḥā dalam situasi ini untuk berkontribusi secara efektif tanpa merasa malu?
A. Zaid harus merasa malu jika tidak bisa menyumbang seperti teman-temannya.
B. Zaid sebaiknya mencari cara lain untuk berkontribusi sesuai kemampuannya, seperti membantu kegiatan lain, sesuai dengan ajaran Surah Aḍ-Ḍuḥā tentang kontribusi dan perlakuan terhadap orang lain.
C. Zaid tidak perlu melakukan apa-apa jika tidak mampu menyumbang.
D. Zaid hanya perlu memberikan sumbangan materi tanpa mempertimbangkan kontribusi lain.


KUNCI JAWABAN

Level 1: Bunyi Per Kata

  1. A. wadduha
  2. A. sajaa
  3. A. rabbuka
  4. A. khayrun
  5. A. yu’tiyaka
  6. A. ضَالًّا
  7. A. فَآوَىٰ
  8. A. فَلَا تَنْهَرْ
  9. A. فَلَا تَقْهَرْ
  10. A. قَلَىٰ

Level 2: Tebak Ayat

  1. C. Ayat 3
  2. D. Ayat 5
  3. D. Ayat 9
  4. C. Ayat 8
  5. A. Ayat 9
  6. C. وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ
  7. C. وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَىٰ
  8. B. فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ
  9. C. وَوَجَدَكَ ضَالّا فَهَدَىٰ
  10. D. وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

Level 3: Ayat Rumpang

  1. A. "سَجَىٰ"
  2. B. "قَلَىٰ"
  3. B. "فَتَرْضَىٰ"
  4. C. "فَهَدَىٰ"
  5. B. "فَلَا تَنْهَرْ"
  6. D. "السَّائِلَ"
  7. D. "الْيَتِيمَ"
  8. D. "بِنِعْمَةِ رَبِّكَ"
  9. D. "رَبُّكَ"
  10. D. "عَائِلًا"

Level 4: Melanjutkan Ayat 

  1. A. "وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ"
  2. B. "وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَىٰ"
  3. A. "وَوَجَدَكَ ضَالّا فَهَدَىٰ"
  4. A. "وَأَمَّا السَّائِلَ فَلَا تَنْهَرْ"
  5. C. "فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ"
  6. A. "وَالضُّحَىٰ"
  7. A. "وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ"
  8. B. "وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَىٰ"
  9. B. "وَوَجَدَكَ يَتِيمًا فَآوَىٰ"
  10. A. "وَوَجَدَكَ ضَالّا فَهَدَىٰ"

Level 5: Arti Per Kata

  1. C. Waktu pagi
  2. C. Anak yatim
  3. C. Melindungi
  4. B. Bingung
  5. A. Jangan menghardik
  6. C. فَأَغْنَىٰ (Memberikan kecukupan)
  7. A. السَّائِلَ (Minta-minta)
  8. C. هَدَىٰ (Memberikan petunjuk)
  9. A. تَقْهَرْ (Berlaku sewenang-wenang)
  10. A. خَيْرٌ (Lebih baik)

Level 6: Kandungan Per Ayat

  1. C. Keutamaan waktu pagi
  2. B. Keberadaan Allah pada waktu malam ketika sunyi
  3. A. Allah tidak pernah meninggalkan dan membenci Nabi Muhammad
  4. B. Kebaikan di akhirat lebih baik daripada kebaikan di dunia
  5. B. Perlakukan anak yatim dengan lembut dan tidak sewenang-wenang
  6. B. "مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَىٰ"
  7. A. "فَأَمَّا الْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ"
  8. B. "وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَىٰ"
  9. B. "وَأَمَّا السَّائِلَ فَلَا تَنْهَرْ"
  10. A. "وَوَجَدَكَ عَائِلًا فَأَغْنَىٰ"

Level 7: Implementasi

  1. B
  2. C
  3. C
  4. B
  5. C
  6. B
  7. B
  8. B
  9. B
  10. B

┈••✦☪︎✦••┈🕋┈••✦☪︎✦••┈

DUKUNG blog ini klik 👉 

Jika ingin memberi kritik, saran atau berbagi informasi ke kami, silahkan hubungi kami melalui
Email: ubaygurupai2021@gmail.com 
Klik 👉 Grup Guru PAI
Jangan lupa untuk mengisi 👉 
Yuk baca 👉 

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top