بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ
1. Membaca Al Qur’an
Pendapat
terkuat dikalangan para ulama adalah diperbolehkan bagi seorang yang berhadas
besar (seperti junub haid dan nifas) ataupun orang yang berhadas kecil untuk
membaca Al Qur’an tanpa menyentuh mushaf. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah
menegaskan, “Pendapat ini merupakan
pendapat Abu Hanifah dan pendapat masyhur dikalangan madzab Syafi’i dan Ahmad.”
(Majmu’, 21/459) Hal ini berdasarkan beberapa dalil berikut:
Tidak
adanya dalil shahih dari Nabi ` yang melarang orang yang berhadas untuk membaca
Al Qur’an. Semua hadits yang menyebutkan larangan
diatas adalah hadits lemah sehingga tidak bisa dijadikan sandaran.
Nabi
` memerintahkan ‘Aisyah tatkala beliau sedang haid
فَافْعَلِى
مَا
يَفْعَلُ
الْحَاجُّ
،
غَيْرَ
أَنْ
لاَ
تَطُوفِى
بِالْبَيْتِ
حَتَّى
تَطْهُرِى
“Lakukanlah segala sesuatu yang dilakukan
orang yang berhaji selain dari melakukan thawaf di Ka’bah hingga engkau suci.”
(HR. Bukhari no. 305 dan Muslim no. 1211)
Suatu yang diketahui bersama bahwa orang yang
haji itu pasti berdzikir dan juga membaca Al Qur’an. (Shahih Fiqih Sunnah,
1/146)
2. Dzikir dan doa
Terdapat
hadits shahih dari Aisyah
“Bahwasanya Nabi ` berdzikir kepada Allah di
setiap keadaan.” (HR. Muslim No. 373)
Juga adanya
perintah Nabi kepada para wanita haid untuk keluar di hari Idul Fitri,
“Hendaknya mereka para wanita berada
dibelakang orang-orang (yang sedang shalat Id) kemudian bertakbir dengan takbir
mereka dan berdoa dengan doa mereka.” (HR. Bukhari
No. 971 dan Muslim No. 890)
Dalil-dalil
diatas menunjukkan wanita haid diperbolehkan untuk berdoa dan berdzikir.
3. Mendatangi majelis ilmu yang
diadakan di tempat selain masjid.
Wanita
haid diperbolehkan mendatangi majelis ilmu atau majelis tahhfidzul Qur’an yang
diadakan di rumah, sekolah dan tempat lainnya selain masjid. Sebagian ulama
berpendapat wanita haid tidak diperbolehkan menetap di masjid. Keluar dari
khilaf ulama adalah bentuk kehatihatian. Allahu
a’lam.
4. Sujud tilawah
Wanita
haid diperbolehkan sujud tilawah, yaitu sujud ketika membaca ayat sajadah
berdasarkan dalil shahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari No. 4862 bahwasanya suatu
ketika Nabi ` membaca surat An Najm kemudian beliau sujud tilawah sementara
kaum muslimin, orang musyrik dari golongan jin dan manusia ikut bersujud. Sujud
tilawah tidaklah sama dengan sujud ketika shalat. Pada sujud tilawah tidak
disyaratkan bersuci terlebih dahulu. (Shahih Fiqh Sunnah, 1/214).
5. Bercengkrama dengan suami
selain jima’.
Wanita
haid boleh bercengkrama dengan suaminya selama bukan jima’ seperti makan minum
bersama suami, melayani suami, tidur bersama suami dalam satu selimut, dll.
Dari
‘Aisyah beliau berkata,
“Aku
pernah minum sementara aku sedang haid kemudian aku serahkan (minman tersebut)
kepada Nabi `. Beliau pun meletakkan mulutnya ditempat aku minum kemudian
beliau meminumnya. Aku menggigit daging dengan gigiku sementara aku sedang haid
kemudian aku menyerahkannya kepada Nabi lalu beliau meletakkan mulutnya di
bekas gigitanku.” (HR. Muslim No. 300)
Dari
‘Aisyah , beliau berkata,
“Aku menyisir rambut Nabi ` sementara aku
sedang haid.” (HR. Bukhari No. 295 dan
Muslim No. 297)
Dari
Ummu Salamah beliau berkata,
“Suatu ketika aku berbaring bersama Nabi dalam
satu kain selimut. Tiba-tiba aku mengalami haid. Aku pun keluar diam-diam
kemudian memakai pakaian haidku. Beliau ` bertanya, ‘Apakah engkau sedang
haid?’, ‘Benar.’ Jawabku. Lalu beliau memanggilku. Aku pun kembali berbaring
bersama beliau dalam satu selimut.” (HR. Bukhari
No. 298 dan Muslim No. 296)
6. Memotong kuku dan rambut
Wanita
haid diperbolehkan memotong kuku dan rambut. Tidak ada kewajiban untuk
mengumpulkan bekas potongannya. Tidak ada dalil yang melarang wanita haid
memotong kuku dan memerintahkan untuk mengumpulkan bekas potongannya.
Terdapat
hadits shahih dari Nabi `, diriwayatkan oleh Hudzaifah dan dari Abu Hurairah tatkala
Beliau ` menjelaskan tentang seorang yang junub, beliau mengatakan
“Jasad seorang mukmin tidaklah najis.”
Dalam
Shahih Al Hakim disebutkan,
“Baik
hidup ataupun saat mati.”
Saya tidak mengetahui dalil syar’i yang
memakruhkan potong rambut dan kuku saat junub (ataupun saat haid-pen). Bahkan
sebaliknya Nabi ` bersabda kepada orang yang baru masuk Islam,
“Buanglah rambut yang menyertaimu selama masa
kekafiran darimu dan berkhitanlah.” (HR. Abu
Dawud No. 356)
Kemudian
setelah itu beliau memerintahkan orang tadi untuk mandi. Beliau tidak
memerintahkan agar khitan dan memotong rambut ditunda setelah mandi. Dari sabda
beliau ini menunjukkan kedua hal tersebut boleh dilakukan. Mandi dulu atau
potong rambut dulu. Demikian juga wanita haid diperintahkann untuk menyisir
rambut saat mandi sementara sisiran rambut itu bisa merontokkan rambut.” (Majmu’ Fatawa, 21/120-121)
Yang
dimaksud dengan menyisir rambut bagi wanita haid adalah hadits ‘Aisyah xsaat
menunaikan haji Wada’. Beliau mengalami haid. Maka Nabi ` bersabda kepada
Aisyah ,
“Urailah kepangan rambutmu dan bersisirlah,
mulailah untuk ibadah haji dan tinggalkan ibadah umrah.”
(HR. Bukhari No. 1556 dan Muslim No. 1211)
Para
ulama syafi’iyyah mengatakan dalam Tuhfatul
Muhtaj (4/56), dalil dari madzab ini menunjukkan wanita haid boleh
melakukannya (yaitu potong kuku, mencukur bulu kemaluan dan mencabut bulu
ketiak).
7. Memperbanyak istighfar untuk
memohon ampun kepada Allah
8. Membaca sholawat nabi
9. Membaca atau mengamalkan
Asmaul Husna
10. Membaca dan mengkaji kitab,
seperti kitab kuning, tarjamah ataupun hadits-hadits lainnya dan membaca
buku-buku tentang agama.
11. Memberi makan pada orang
yang berpuasa
12. Memberi Shodaqoh
13. Menyampaikan atau berdakwah
walau hanya satu ayat
14. Membaca Al-Ma’surat
15. Melakukan pekerjaan rumah
Demikian
amalan ibbadah yang bisa dilakukan oleh wanita yang sedang haid, sehingga
ketika haid, tidak ada alasan untuk kalah dalam kebaikan. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala, menjadikan antum
sebagai wanita dan ibu yang shaliha. Yang akan melahirkan generasi pejuang dan
pendakwah yang shalih dan shaliha.
Wallohu
a’lam
Referensi
:
Panduan
Praktis Wanita Haid karngan Umi Farikhah Abdul Mu’ti