Instrumen Penilaian UKIN - Pelaksanaan Pembelajaran (PP)

Bismillah
kali ini saya ingin berbagi Instrumen UKIN - PP, yang sebenarnya Instrumen ini sudah disosialisasikan, namun saya meringkas untuk panduan mendapatkan Skor Maksimal

PENDAHULUAN
  1. Guru mengucapkan salam, menanyakan kondisi, mengecek kehadiran siswa, mengecek kondisi ruang kelas (luring) atau mengecek kesiapan jaringan (daring), misalnya menanyakan kejelasan suara atau gambar dan menyampaikan aturan selama pembelajaran
  2. Guru memotivasi dengan berbagai cara secara optimal sehingga siswa terlihat antusias sepanjang kegiatan pembelajaran
  3. Guru menggali pengetahuan awal siswa melalui berbagai cara dan dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari
  4. Guru menyampaikan tujuan atau indikator dengan jelas dan lengkap, misalnya dilengkapi tayangan ppt, serta ditinjau ketercapaiannya di akhir pembelajaran
  5. Guru menyampaikan pentingnya kompetensi dengan argumentasi yang kuat dari berbagai sudut pandang (keilmuan, kehidupan, dan lain-lain)
  6. Guru menyampaikan garis besar kegiatan pembelajaran secara jelas, lengkap, dan dikaitkan dengan pembudayaan karakter
  7. Guru mengecek/ memeriksa kemampuan awal dengan metode dan instrumen yang tepat serta memanfaatkan hasilnya dalam pembelajaran

KEGIATAN INTI
  1. Guru mendeskripsikan materi dengan benar dari berbagai sudut pandang sehingga sangat mudah dipahami oleh siswa
  2. Guru mampu mendemonstrasikan keterampilan secara benar, sangat lancar, dan mampu menumbuhkan sikap positif siswa
  3. Guru menunjukkan sikap positif terhadap materi pembelajaran, konsisten, dan mengajak siswa bersikap yang sama
  4. Guru menyajikan materi dengan urutan logis dan banyak melibatkan siswa
  5. Guru menyajikan materi secara sangat terpadu (saling terkait dan tidak ada yang saling bertentangan)
  6. Guru mengaitkan materi dengan kehidupan nyata secara jelas dan benar, disertai beberapa contoh
  7. Guru menyajikan materi menggunakan media atau teknologi, secara terorganisir, mengaktifkan siswa, menumbuh kan karakter, keterampilan berpikir tingkat tinggi (hots), 4C, dan literasi
  8. Guru menyajikan langkah pembelajaran sesuai dengan sintaks model pembelajaran atau metode/strategi yang dipilih dengan lancar dan mengacu pendekatan saintifik
  9. Guru melakukan assessment for dan/atau as learning dengan metode dan instrumen yang tepat serta memanfaatkan hasilnya dalam proses pembelajaran

KEGIATAN PENUTUP
  1. Guru membimbing atau mengarahkan siswa merumuskan sendiri kesimpulan (rangkuman/intisa ri hasil pembelajaran) dengan benar
  2. Guru melakukan penilaian hasil belajar mencakup semua ranah dengan metode dan instrumen yang tepat serta menggunakannya sebagai dasar mengevaluasi siswa
  3. Guru meminta siswa menyampaikan komentar terhadap proses pembelajaran dari berbagai sudut pandang secara tulus dan meminta mereka menyampaikan usulan sehingga lebih baik
  4. Guru memberikan tugas tindak lanjut kepada siswa berkaitan erat dengan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan dan mengembangkan karakter siswa dalam kehidupan bermasyarakat
==========================================================================

KEPRIBADIAN

MEMESONA
  1. Guru menampilkan wajah yang ceria pada seluruh rentang waktu dari awal sampai akhir pembelajaran
  2. Guru memberikan perhatian kepada semua siswa pada keseluruhan rentang waktu dari awal sampai akhir pembelajaran
  3. Guru berbusana sopan dengan model dan warna yang sangat serasi
  4. Guru memberi inspirasi dan motivasi yang sangat tepat kepada siswa

BERWIBAWA
  1. Guru bertutur kata yang santun dan artikulatif pada keseluruhan rentang waktu dari awal sampai akhir pembelajaran
  2. Guru menampilkan perilaku yang disegani pada keseluruhan rentang waktu dari awal sampai akhir pembelajaran
  3. Guru menampilkan diri dengan tenang pada keseluruhan rentang waktu dari awal sampai akhir pembelajaran
  4. Guru memberikan tanggapan yang sangat tepat disertai contoh yang lengkap kepada siswa

TEGAS
  1. Guru memberikan tanggapan yang sangat tepat disertai contoh yang lengkap kepada siswa
  2. Guru tampil dengan sangat percaya diri dan menarik
  3. Guru berbicara dengan sangat tegas, ekspresif dan disegani

PENUH PANGGILAN JIWA
  1. Guru menampilkan perilaku yang sangat semangat, meyakinkan, cepat, dan tangkas
  2. Guru menampilkan ekspresi yang sangat bergairah, dan cekatan
  3. Guru menunjukkan perilaku sangat ikhlas dan wajah ceria dalam memberikan bantuan pada siswa
SAMAPTA
  1. Guru menunjukkan penampilan yang sangat bugar dan enerjik
  2. Guru menampilkan perilaku yang sangat ramah dan penuh perhatian
  3. Guru sangat suka memberikan bantuan kepada siswa yang membutuhkan dengan tulus
  4. Guru sangat menunjukkan rasa belas kasih dan berbela rasa kepada siswa 


Tak bosannya, saya mengajak kepada teman-teman pejuang PPG, marilah #LibatinAlloh dalam perjuangan kita, selain berusaha juga memaksimalkan doa setelah Shalat, agar Alloh memberikan keberkahan-kemudahan-kelulusan. Aaamiin

INSTRUMEN PENILAIAN RPP 

 

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top