بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ
Alhamdulillah, kami hadirkan Kurikulum BTQ yang seru dan mudah untuk anak, dari pemula hingga mahir, agar mencintai Al-Qur'an dengan gembira!
Kenapa dibuat?
- Banyak anak kesulitan baca tulis Al-Qur'an.
- BTQ minim dalam pelajaran PAI.
- Materi luas, tapi sulit terserap.
- Kurang inovasi metode dan media belajar.
Kurikulum Cinta menawarkan pembelajaran penuh keceriaan dengan permainan, dan flashcard interaktif seperti Flashcard Huruf Hijaiyah. Cocok untuk guru, orang tua, dan komunitas!
🎁 Dapatkan media menarik lainnya secara GRATIS:
✅ Ikuti Channel WhatsApp kami: bit.ly/4eXRBI1
💡 Jangan lupa like, share, dan simpan link ini agar tidak hilang. Semoga bermanfaat dan menjadi amal jariyah kita bersama 🌱
Kurikulum BTQ: Pandai Baca Tulis Al-Qur'an
Mengenal dan Menulis Huruf Hijaiyah
Tema: Dasar-Dasar Huruf Hijaiyah
Mengenal Huruf Hijaiyah
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal huruf hijaiyah ا to ي |
Tujuan | Siswa dapat menyebutkan 28 huruf hijaiyah dengan benar |
Indikator | Menyebutkan huruf dengan pelafalan yang jelas |
Aktivitas | Menyanyi lagu huruf hijaiyah, mencocokkan huruf dengan kartu gambar, permainan puzzle huruf |
Menulis Huruf Hijaiyah
Komponen | Rincian |
---|---|
Menulis | Menulis huruf hijaiyah ا to ي |
Tujuan | Siswa dapat menulis huruf hijaiyah dengan bentuk yang benar |
Indikator | Menulis huruf dengan bentuk yang rapi dan sesuai |
Aktivitas | Mewarnai huruf hijaiyah, menjiplak huruf di lembar kerja, menulis di papan tulis |
Mengenal Huruf Hijaiyah Bersambung
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal bentuk huruf hijaiyah bersambung (awal, tengah, akhir) |
Tujuan | Siswa dapat mengenali perubahan bentuk huruf saat bersambung |
Indikator | Menyebutkan bentuk huruf bersambung dengan benar |
Aktivitas | Mencocokkan huruf bersambung dengan kartu, permainan susun huruf, mengenal bentuk huruf melalui gambar |
Menulis Huruf Hijaiyah Bersambung
Komponen | Rincian |
---|---|
Menulis | Menulis huruf hijaiyah bersambung (contoh: بَيْتٌ) |
Tujuan | Siswa dapat menulis huruf hijaiyah bersambung dengan benar |
Indikator | Menulis kata sederhana dengan huruf bersambung |
Aktivitas | Menjiplak kata bersambung, menulis kata di lembar kerja, permainan tulis sambung |
Mengenal Harakat dan Membaca Benda
Tema: Harakat Dasar dan Tanwin
Mengenal Harakat A I U
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal harakat fathah ( َ ), kasrah ( ِ ), dhammah ( ُ ) |
Tujuan | Siswa dapat menyebutkan harakat dengan pelafalan benar |
Indikator | Menyebutkan suku kata seperti بَ, بِ, بُ |
Aktivitas | Menyanyi lagu harakat, mencocokkan harakat dengan huruf, permainan kartu harakat |
Membaca Benda dengan Harakat A I U
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Membaca nama benda: كَأْسٌ (cawan), سِرَاجٌ (lampu), قُرْآنٌ |
Tujuan | Siswa dapat membaca nama benda dengan harakat dasar |
Indikator | Membaca 5 nama benda dengan benar |
Aktivitas | Mencocokkan kata dengan gambar benda, membaca kartu nama benda, permainan tebak kata |
Mengenal Harakat AN IN UN (Tanwin)
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal tanwin: fathatain ( ً ), kasratain ( ٍ ), dhammatain ( ٌ ) |
Tujuan | Siswa dapat menyebutkan suku kata dengan tanwin |
Indikator | Menyebutkan بًا, بٍ, بٌ dengan benar |
Aktivitas | Menyanyi lagu tanwin, mencocokkan tanwin dengan huruf, permainan kartu tanwin |
Membaca Benda dengan Harakat Tanwin
Mengenal Harakat Syaddah dan Sukun
Membaca Benda dengan Harakat Syaddah dan Sukun
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Membaca nama benda: جَدٌّ (kakek), بَابْ (pintu) |
Tujuan | Siswa dapat membaca nama benda dengan syaddah dan sukun |
Indikator | Membaca 5 nama benda dengan benar |
Aktivitas | Mencocokkan kata dengan gambar, membaca kartu benda, permainan tebak syaddah/sukun |
Menulis Huruf Hijaiyah Berharakat
Komponen | Rincian |
---|---|
Menulis | Menulis suku kata dengan harakat: بَ, بِ, بُ, بًا, بٍ, بٌ, بَبَّ, بَبْ |
Tujuan | Siswa dapat menulis suku kata berharakat dengan benar |
Indikator | Menulis suku kata dengan bentuk dan harakat yang benar |
Aktivitas | Menjiplak suku kata, menulis di lembar kerja, permainan tulis harakat |
Membaca dan Menulis Kata serta Kalimat Al-Qur'an
Tema: Kosa Kata dan Kalimat Qur'ani
Mengenal Kata dalam Al-Qur'an
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Membaca kosa kata Al-Qur’an: رَبٌّ, نُورٌ, كِتَابٌ |
Tujuan | Siswa dapat membaca kosa kata Al-Qur’an dengan benar |
Indikator | Membaca 5 kosa kata dengan pelafalan benar |
Aktivitas | Mencocokkan kosa kata dengan arti, permainan kartu kosa kata, kuis baca kata |
Menulis Kata dalam Al-Qur'an
Komponen | Rincian |
---|---|
Menulis | Menyalin kosa kata: رَبٌّ, نُورٌ, كِتَابٌ |
Tujuan | Siswa dapat menulis kosa kata Al-Qur’an dengan benar |
Indikator | Menulis 5 kosa kata dengan bentuk dan harakat benar |
Aktivitas | Menjiplak kosa kata, menulis di lembar kerja, permainan tulis kata |
Menulis Kalimat dalam Al-Qur'an
Komponen | Rincian |
---|---|
Menulis | Menyalin kalimat: هَذَا كِتَابٌ عَظِيمٌ |
Tujuan | Siswa dapat menulis kalimat Al-Qur’an dengan benar |
Indikator | Menulis kalimat dengan huruf dan harakat benar |
Aktivitas | Menyusun kalimat dari kartu, menulis kalimat, kuis tulis kalimat |
Menulis Surat Berjenjang
Komponen | Rincian |
---|---|
Menulis | Menyalin Surah Al-Ikhlas ayat demi ayat |
Tujuan | Siswa dapat menulis surah pendek secara berjenjang |
Indikator | Menulis ayat dengan urutan dan harakat benar |
Aktivitas | Menjiplak ayat, menulis ayat di lembar kerja, permainan susun ayat |
Menghafal Surat Berjenjang
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Menghafal Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas ayat demi ayat |
Tujuan | Siswa dapat menghafal surah pendek secara berjenjang |
Indikator | Menghafal 3 surah dengan pelafalan benar |
Aktivitas | Mendengarkan surah, menyanyi surah, permainan hafalan ayat |
Hukum Tajwid: Nun Mati dan Tanwin
Tema: Tajwid Dasar Nun Mati dan Tanwin
Mengenal Tajwid Nun Mati - Idzhar
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal idzhar (huruf: ء, ه, ع, ح, غ, خ) |
Tujuan | Siswa dapat membaca idzhar dengan jelas |
Indikator | Menyebutkan huruf idzhar dan membaca dengan benar |
Aktivitas | Mencocokkan huruf idzhar, membaca contoh idzhar, kuis tajwid |
Menganalisis Bacaan Idzhar dalam Surat Al-Falaq
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Menganalisis idzhar di Surah Al-Falaq (contoh: مِنْ شَرِّ) |
Tujuan | Siswa dapat mengidentifikasi dan membaca idzhar dalam surah |
Indikator | Menandai dan membaca idzhar dengan benar |
Aktivitas | Memberi tanda idzhar, membaca ayat, permainan temukan idzhar |
Mengenal Tajwid Nun Mati - Idgham Bi Ghunnah
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal idgham bi ghunnah (huruf: ي, ن, م, و) |
Tujuan | Siswa dapat membaca idgham bi ghunnah dengan dengung |
Indikator | Menyebutkan huruf idgham dan membaca dengan dengung |
Aktivitas | Menyanyi lagu idgham, mencocokkan huruf, kuis tajwid |
Menganalisis Bacaan Idgham Bi Ghunnah dalam Surat Al-Lahab
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Menganalisis idgham bi ghunnah di Surah Al-Lahab (contoh: مِنْ نَارٍ) |
Tujuan | Siswa dapat mengidentifikasi dan membaca idgham bi ghunnah |
Indikator | Menandai dan membaca idgham dengan dengung |
Aktivitas | Memberi tanda idgham, membaca ayat, permainan temukan idgham |
Mengenal Tajwid Nun Mati - Idgham Bi La Ghunnah
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal idgham bi la ghunnah (huruf: ل, ر) |
Tujuan | Siswa dapat membaca idgham tanpa dengung |
Indikator | Menyebutkan huruf idgham dan membaca tanpa dengung |
Aktivitas | Mencocokkan huruf idgham, membaca contoh, kuis tajwid |
Menganalisis Bacaan Idgham Bi La Ghunnah dalam Surat Al-Ikhlas
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Menganalisis idgham bi la ghunnah di Surah Al-Ikhlas (contoh: لَمْ يَلِدْ) |
Tujuan | Siswa dapat mengidentifikasi dan membaca idgham bi la ghunnah |
Indikator | Menandai dan membaca idgham tanpa dengung |
Aktivitas | Memberi tanda idgham, membaca ayat, permainan temukan idgham |
Mengenal Tajwid Nun Mati - Ikhfa
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal ikhfa (huruf: ت, ث, ج, د, ذ, ز, س, ش, ص, ض, ط, ظ, ف, ق, ك) |
Tujuan | Siswa dapat membaca ikhfa dengan dengung samar |
Indikator | Menyebutkan huruf ikhfa dan membaca dengan benar |
Aktivitas | Menyanyi lagu ikhfa, mencocokkan huruf, kuis tajwid |
Menganalisis Bacaan Ikhfa dalam Surat Al-Kafirun
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Menganalisis ikhfa di Surah Al-Kafirun (contoh: مِنْ دُونِ) |
Tujuan | Siswa dapat mengidentifikasi dan membaca ikhfa |
Indikator | Menandai dan membaca ikhfa dengan dengung samar |
Aktivitas | Memberi tanda ikhfa, membaca ayat, permainan temukan ikhfa |
Mengenal Tajwid Nun Mati - Iqlab
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal iqlab (huruf: ب) |
Tujuan | Siswa dapat membaca iqlab dengan perubahan ke mim |
Indikator | Menyebutkan huruf iqlab dan membaca dengan benar |
Aktivitas | Mencocokkan huruf iqlab, membaca contoh, kuis tajwid |
Menganalisis Bacaan Iqlab dalam Surat Al-Humazah
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Menganalisis iqlab di Surah Al-Humazah (contoh: مِنْ بَعْدِ) |
Tujuan | Siswa dapat mengidentifikasi dan membaca iqlab |
Indikator | Menandai dan membaca iqlab dengan benar |
Aktivitas | Memberi tanda iqlab, membaca ayat, permainan temukan iqlab |
Hukum Tajwid: Mim Mati dan Ghunnah
Tema: Tajwid Mim dan Nun Tasydid
Mengenal Hukum Mim dan Nun Tasydid - Ghunnah
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal ghunnah pada mim dan nun tasydid ( ّن, ّم) |
Tujuan | Siswa dapat membaca ghunnah dengan dengung |
Indikator | Membaca kata dengan ghunnah dengan benar |
Aktivitas | Menyanyi lagu ghunnah, mencocokkan huruf, kuis ghunnah |
Menganalisis Bacaan Ghunnah dalam Surat Al-Kautsar
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Menganalisis ghunnah di Surah Al-Kautsar (contoh: إِنَّا) |
Tujuan | Siswa dapat mengidentifikasi dan membaca ghunnah |
Indikator | Menandai dan membaca ghunnah dengan dengung |
Aktivitas | Memberi tanda ghunnah, membaca ayat, permainan temukan ghunnah |
Mengenal Hukum Mim Mati - Idzhar Syafawi
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal idzhar syafawi (huruf selain م, ب) |
Tujuan | Siswa dapat membaca idzhar syafawi dengan jelas |
Indikator | Menyebutkan huruf idzhar syafawi dan membaca dengan benar |
Aktivitas | Mencocokkan huruf idzhar syafawi, membaca contoh, kuis tajwid |
Menganalisis Bacaan Idzhar Syafawi dalam Surat Al-Fil
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Menganalisis idzhar syafawi di Surah Al-Fil (contoh: مِنْ فِيلٍ) |
Tujuan | Siswa dapat mengidentifikasi dan membaca idzhar syafawi |
Indikator | Menandai dan membaca idzhar syafawi dengan benar |
Aktivitas | Memberi tanda idzhar syafawi, membaca ayat, permainan temukan idzhar |
Mengenal Hukum Mim Mati - Ikhfa Syafawi
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal ikhfa syafawi (huruf: ب) |
Tujuan | Siswa dapat membaca ikhfa syafawi dengan dengung samar |
Indikator | Menyebutkan huruf ikhfa syafawi dan membaca dengan benar |
Aktivitas | Mencocokkan huruf ikhfa syafawi, membaca contoh, kuis tajwid |
Menganalisis Bacaan Ikhfa Syafawi dalam Surat Al-Fil
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Menganalisis ikhfa syafawi di Surah Al-Fil (contoh: مِنْ بِرَجْمٍ) |
Tujuan | Siswa dapat mengidentifikasi dan membaca ikhfa syafawi |
Indikator | Menandai dan membaca ikhfa syafawi dengan dengung samar |
Aktivitas | Memberi tanda ikhfa syafawi, membaca ayat, permainan temukan ikhfa |
Mengenal Hukum Mim Mati - Idgham Mimi
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal idgham mimi (huruf: م) |
Tujuan | Siswa dapat membaca idgham mimi dengan dengung |
Indikator | Menyebutkan huruf idgham mimi dan membaca dengan benar |
Aktivitas | Mencocokkan huruf idgham mimi, membaca contoh, kuis tajwid |
Menganalisis Bacaan Idgham Mimi dalam Surat Al-Quraisy
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Menganalisis idgham mimi di Surah Al-Quraisy (contoh: مِنْ مَكَّةَ) |
Tujuan | Siswa dapat mengidentifikasi dan membaca idgham mimi |
Indikator | Menandai dan membaca idgham mimi dengan dengung |
Aktivitas | Memberi tanda idgham mimi, membaca ayat, permainan temukan idgham |
Hukum Tajwid: Qalqalah, Idgham, dan Alif Lam
Tema: Tajwid Lanjutan
Mengenal Hukum Qalqalah
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal qalqalah (huruf: ق, ط, ب, ج, د) |
Tujuan | Siswa dapat membaca qalqalah dengan pantulan |
Indikator | Menyebutkan huruf qalqalah dan membaca dengan benar |
Aktivitas | Menyanyi lagu qalqalah, mencocokkan huruf, kuis qalqalah |
Menganalisis Bacaan Qalqalah dalam Surat Al-Falaq
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Menganalisis qalqalah di Surah Al-Falaq (contoh: قَبْ) |
Tujuan | Siswa dapat mengidentifikasi dan membaca qalqalah |
Indikator | Menandai dan membaca qalqalah dengan pantulan |
Aktivitas | Memberi tanda qalqalah, membaca ayat, permainan temukan qalqalah |
Mengenal Hukum Idgham
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal idgham (bi ghunnah dan bi la ghunnah) |
Tujuan | Siswa dapat memahami dan membaca idgham |
Indikator | Menyebutkan jenis idgham dan membaca dengan benar |
Aktivitas | Mencocokkan jenis idgham, membaca contoh, kuis idgham |
Mengenal Hukum Alif Lam
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal alif lam syamsiah dan qamariah |
Tujuan | Siswa dapat membedakan dan membaca alif lam |
Indikator | Menyebutkan huruf syamsiah/qamariah dan membaca dengan benar |
Aktivitas | Permainan kartu syamsiah/qamariah, membaca contoh, kuis alif lam |
Hukum Tajwid: Mad
Tema: Hukum Mad dan Pelafalan
Mengenal Hukum Mad Thabi’i/Asli
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal mad thabi’i (huruf mad: ا, و, ي) |
Tujuan | Siswa dapat membaca mad thabi’i dengan panjang 2 harakat |
Indikator | Membaca kata dengan mad thabi’i dengan benar |
Aktivitas | Mencocokkan huruf mad, membaca contoh, kuis mad thabi’i |
Mengenal Hukum Mad Wajib Muttashil
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal mad wajib muttashil (mad + hamzah dalam satu kata) |
Tujuan | Siswa dapat membaca mad wajib dengan panjang 4-5 harakat |
Indikator | Membaca mad wajib muttashil dengan benar |
Aktivitas | Memberi tanda mad, membaca contoh, kuis mad |
Mengenal Hukum Mad Jaiz Munfashil
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal mad jaiz munfashil (mad + hamzah di kata berbeda) |
Tujuan | Siswa dapat membaca mad jaiz dengan panjang 2-5 harakat |
Indikator | Membaca mad jaiz munfashil dengan benar |
Aktivitas | Memberi tanda mad, membaca contoh, kuis mad |
Mengenal Hukum Mad ‘Aridh Lissukun
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal mad ‘aridh lissukun (mad + huruf berharakat dihentikan) |
Tujuan | Siswa dapat membaca mad ‘aridh dengan panjang 2-6 harakat |
Indikator | Membaca mad ‘aridh lissukun dengan benar |
Aktivitas | Memberi tanda mad, membaca contoh, kuis mad |
Mengenal Hukum Mad Layyin
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal mad layyin (huruf و atau ي dengan fathah dihentikan) |
Tujuan | Siswa dapat membaca mad layyin dengan panjang 2-6 harakat |
Indikator | Membaca mad layyin dengan benar |
Aktivitas | Memberi tanda mad, membaca contoh, kuis mad |
Mengenal Hukum Mad Shilah Qasirah
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal mad shilah qasirah (ha dhamir + huruf selain hamzah) |
Tujuan | Siswa dapat membaca mad shilah qasirah dengan panjang 2 harakat |
Indikator | Membaca mad shilah qasirah dengan benar |
Aktivitas | Memberi tanda mad, membaca contoh, kuis mad |
Mengenal Hukum Mad Shilah Thawilah
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal mad shilah thawilah (ha dhamir + hamzah) |
Tujuan | Siswa dapat membaca mad shilah thawilah dengan panjang 4-5 harakat |
Indikator | Membaca mad shilah thawilah dengan benar |
Aktivitas | Memberi tanda mad, membaca contoh, kuis mad |
Mengenal Hukum Mad ‘Iwad
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal mad ‘iwad (tanwin fathah dihentikan) |
Tujuan | Siswa dapat membaca mad ‘iwad dengan panjang 2 harakat |
Indikator | Membaca mad ‘iwad dengan benar |
Aktivitas | Memberi tanda mad, membaca contoh, kuis mad |
Mengenal Hukum Mad Badal
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal mad badal (hamzah diganti huruf mad) |
Tujuan | Siswa dapat membaca mad badal dengan panjang 2 harakat |
Indikator | Membaca mad badal dengan benar |
Aktivitas | Memberi tanda mad, membaca contoh, kuis mad |
Mengenal Hukum Mad Tamkin
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal mad tamkin (huruf mad + tasydid) |
Tujuan | Siswa dapat membaca mad tamkin dengan panjang 2 harakat |
Indikator | Membaca mad tamkin dengan benar |
Aktivitas | Memberi tanda mad, membaca contoh, kuis mad |
Mengenal Hukum Mad Farqi
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal mad farqi (untuk membedakan kata) |
Tujuan | Siswa dapat membaca mad farqi dengan panjang 6 harakat |
Indikator | Membaca mad farqi dengan benar |
Aktivitas | Memberi tanda mad, membaca contoh, kuis mad |
Mengenal Hukum Mad Lazim Mutsaqal Kilmi
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal mad lazim mutsaqal kilmi (mad + huruf tasydid) |
Tujuan | Siswa dapat membaca mad lazim dengan panjang 6 harakat |
Indikator | Membaca mad lazim mutsaqal kilmi dengan benar |
Aktivitas | Memberi tanda mad, membaca contoh, kuis mad |
Mengenal Hukum Mad Lazim Mukhafaf Kilmi
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal mad lazim mukhafaf kilmi (mad tanpa tasydid) |
Tujuan | Siswa dapat membaca mad lazim mukhafaf dengan panjang 6 harakat |
Indikator | Membaca mad lazim mukhafaf kilmi dengan benar |
Aktivitas | Memberi tanda mad, membaca contoh, kuis mad |
Mengenal Hukum Mad Lazim Harfi Musyabba’
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal mad lazim harfi musyabba’ (huruf muqatta’ah dengan tasydid) |
Tujuan | Siswa dapat membaca mad lazim harfi dengan panjang 6 harakat |
Indikator | Membaca mad lazim harfi musyabba’ dengan benar |
Aktivitas | Memberi tanda mad, membaca contoh, kuis mad |
Mengenal Hukum Mad Lazim Harfi Mukhafaf
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal mad lazim harfi mukhafaf (huruf muqatta’ah tanpa tasydid) |
Tujuan | Siswa dapat membaca mad lazim harfi dengan panjang 6 harakat |
Indikator | Membaca mad lazim harfi mukhafaf dengan benar |
Aktivitas | Memberi tanda mad, membaca contoh, kuis mad |
Pelafalan dan Tanda Baca
Tema: Makhraj, Tafhim-Tarqiq, dan Waqaf
Makhrajul Huruf
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal makhraj huruf (tenggorokan, lidah, bibir, dll.) |
Tujuan | Siswa dapat menyebutkan huruf dengan makhraj yang benar |
Indikator | Menyebutkan makhraj 5 kelompok huruf |
Aktivitas | Menyanyi lagu makhraj, mencocokkan huruf dengan makhraj, kuis makhraj |
Mengenal Tafhim - Tarqiq
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal tafhim (tebal) dan tarqiq (tipis) pada huruf tertentu |
Tujuan | Siswa dapat membedakan pelafalan tafhim dan tarqiq |
Indikator | Membaca huruf tafhim/tarqiq dengan benar |
Aktivitas | Mencocokkan huruf tafhim/tarqiq, membaca contoh, kuis pelafalan |
Mengenal Tanda Waqaf
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal tanda waqaf (م, قف, صل, dll.) |
Tujuan | Siswa dapat menghentikan bacaan sesuai tanda waqaf |
Indikator | Menyebutkan tanda waqaf dan membaca dengan henti yang benar |
Aktivitas | Memberi tanda waqaf, membaca ayat, kuis waqaf |
Gharib Musykilat
Komponen | Rincian |
---|---|
Membaca | Mengenal tanda gharib (isymam, imalah, dll.) |
Tujuan | Siswa dapat membaca tanda gharib dengan benar |
Indikator | Menyebutkan tanda gharib dan membaca dengan pelafalan benar |
Aktivitas | Memberi tanda gharib, membaca contoh, kuis gharib |
🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀
Jika ingin memberi kritik, saran atau berbagi informasi ke kami, silahkan hubungi kami melalui
Email: ubaygurupai2021@gmail.com
Klik 👉 Grup Guru PAI