Contoh Essay Deskripsi Diri Guru

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّØ­ْÙ…َÙ†ِ الرَّØ­ِÙŠْÙ…ِ
اللَّÙ‡ُÙ…َّ صَÙ„ِّ عَÙ„َÙ‰ Ù…ُØ­َÙ…َّدٍ



Follow Tiktok kami, klik ðŸ‘‰ 
Namun sebelumnya, kami mengajak agar berniat dan berdoa menjadi ASN yang Bertaqwa

A. Mengenal Essay Deskripsi Diri

Essay deskripsi diri, atau dalam bahasa Inggris disebut "personal description essay," adalah jenis esai yang bertujuan untuk menggambarkan karakter, pengalaman, keahlian, dan nilai-nilai seseorang secara mendalam. Esai ini memberikan kesempatan kepada penulis untuk merinci informasi tentang diri mereka sendiri, baik dalam konteks pekerjaan, pendidikan, kehidupan pribadi, atau peran mereka dalam masyarakat.

Berikut adalah beberapa elemen yang sering termasuk dalam essay deskripsi diri:

Pengantar Pribadi: Biasanya dimulai dengan pengantar singkat tentang siapa penulis, termasuk nama, latar belakang, dan alasan menulis esai ini.

Latar Belakang Pendidikan dan Karir: Penulis menjelaskan pendidikan formal mereka, pengalaman kerja, dan pencapaian dalam karir mereka. Ini mencakup informasi tentang pekerjaan saat ini atau sebelumnya, spesialisasi, dan berbagai prestasi yang relevan.

Pengalaman Pribadi: Menyertakan cerita atau pengalaman pribadi yang telah membentuk nilai-nilai, pandangan, atau minat penulis. Ini bisa mencakup peristiwa penting dalam hidup, hobi, atau pengalaman yang mempengaruhi mereka secara mendalam.

Kemampuan dan Keahlian: Penulis menggambarkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki, baik yang berkaitan dengan pekerjaan maupun minat pribadi. Ini bisa mencakup keahlian teknis, kreatif, atau sosial.

Pandangan dan Nilai-nilai: Penulis menjelaskan nilai-nilai dan keyakinan yang mereka anut, serta bagaimana nilai-nilai ini memengaruhi sikap dan tindakan mereka dalam berbagai aspek kehidupan.

Pengaruh dalam Masyarakat: Jika relevan, penulis dapat menjelaskan peran atau kontribusi mereka dalam masyarakat atau komunitas lokal. Ini bisa mencakup kegiatan sosial, amal, atau kepemimpinan dalam organisasi non-profit.

Visi Masa Depan: Beberapa essay deskripsi diri juga mencakup visi atau rencana masa depan penulis, baik dalam karir, pendidikan, atau kontribusi yang diinginkan dalam masyarakat.

Tujuan utama dari essay deskripsi diri adalah memberikan gambaran yang jelas dan komprehensif tentang siapa penulisnya. Ini juga dapat digunakan dalam berbagai konteks, termasuk aplikasi pekerjaan, beasiswa, atau seleksi program pendidikan. Seiring dengan itu, esai ini memberikan wawasan mendalam kepada pembaca tentang karakter, kualifikasi, dan tujuan seseorang.

B. Contoh Essay Deskripsi Diri

Seorang guru dengan tekad kuat untuk memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan dan masyarakat, itulah saya. Nama saya Ngubaidillah,S.Pd,Gr.,SH.,M.Pd dan pendidikan serta agama adalah dua hal yang selalu menjadi pijakan dalam hidup saya. Pekerjaan sebagai seorang guru bukan hanya pekerjaan biasa, tetapi panggilan suci yang saya emban dengan penuh dedikasi. Dalam essay ini, saya akan menguraikan latar belakang pendidikan dan karir, pengalaman pribadi, kemampuan dan keahlian, pandangan dan nilai-nilai, pengaruh dalam masyarakat, serta visi masa depan saya.

Pendidikan saya dimulai dengan mendapatkan gelar sarjana dalam bidang Pendidikan dari IAINU Kebumen. Kemudian, saya melanjutkan pendidikan tingkat master di bidang Manajemen Pendidikan. Setelah menyelesaikan pendidikan saya, saya memutuskan untuk menyuarakan panggilan saya sebagai seorang guru. Saya telah mengajar di SDN xxx selama 4 tahub, di mana saya telah menyaksikan perubahan positif dalam pandangan siswa terhadap pendidikan, agama dan moralitas. Karir saya sebagai guru adalah sumber inspirasi dan kebahagiaan yang tiada tara.

Pengalaman pribadi saya juga memberikan warna dalam perjalanan hidup saya sebagai seorang guru. Saya terinspirasi oleh pengalaman spiritual saya yang mendalam dan perjalanan rohani saya yang telah membentuk pandangan saya tentang kehidupan. Pengalaman ini telah memberi saya kebijaksanaan untuk berbagi dan meneruskan nilai-nilai agama yang kuat kepada generasi muda.

Selama bertahun-tahun dalam pekerjaan saya, saya telah mengembangkan beragam kemampuan dan keahlian dalam pendidikan, termasuk kemampuan untuk merancang kurikulum yang relevan, mendengarkan dan berkomunikasi dengan siswa dengan baik, serta memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Saya juga memiliki pemahaman yang mendalam tentang agama dan budaya yang memungkinkan saya untuk mengajar dengan pendekatan yang inklusif dan menghormati keragaman.

Pandangan dan nilai-nilai saya sebagai seorang guru adalah bahwa pendidikan adalah pondasi yang penting dalam membentuk karakter yang baik. Saya percaya bahwa pendidikantidak hanya tentang mengajar teori, tetapi juga tentang menginspirasi siswa untuk menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari mereka. Saya menekankan pentingnya toleransi, saling menghormati, dan berkontribusi pada masyarakat.

Selain di kelas, saya aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan keagamaan di komunitas saya. seperti............

Visi masa depan saya adalah untuk terus berkontribusi dalam pengembangan pendidikan yang berkualitas dan merata. Saya ingin melihat lebih banyak siswa yang memiliki pemahaman mendalam tentang ilmu dan mampu mengaplikasikan nilai-nilai akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Saya juga berharap dapat terus terlibat dalam kegiatan masyarakat yang positif dan menjadi contoh bagi siswa dan masyarakat dalam hal moralitas dan etika.

Sebagai seorang guru, saya merasa bangga dan bersyukur atas kesempatan ini untuk berkontribusi dalam pembentukan karakter generasi muda dan memengaruhi positif masyarakat. Saya bertekad untuk terus memberikan yang terbaik dalam peran ini dan terus tumbuh sebagai pendidik yang lebih baik demi masa depan yang lebih baik pula bagi siswa-siswa dan masyarakat saya.

C. Contoh Essay Deskripsi Diri - Singkat

Saya adalah Ngubaidillah,S.Pd,Gr.,SH.,M.Pd, seorang guru dengan tekad kuat untuk memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan dan masyarakat.
Saya memiliki gelar sarjana dalam Pendidikan Agama Islam dari IAINU Kebumen. Saya telah mengajar di SDN xx selama 4 tahun dan merasa sangat terinspirasi dalam pekerjaan saya.

Pengalaman spiritual dan perjalanan rohani saya telah membentuk pandangan saya tentang kehidupan dan memotivasi saya untuk berbagi nilai-nilai agama yang kuat.
Saya memiliki kemampuan dalam merancang kurikulum, berkomunikasi dengan siswa, dan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Saya juga memiliki pemahaman yang mendalam tentang agama dan budaya.

Saya percaya pendidikan adalah pondasi penting dalam membentuk karakter yang baik dan menekankan pentingnya toleransi, saling menghormati, dan berkontribusi pada masyarakat.
Saya aktif dalam kegiatan sosial dan keagamaan seperti.....................
Visi masa depan saya adalah terus berkontribusi dalam pengembangan pendidikan agama yang berkualitas dan merata serta melihat lebih banyak siswa yang memiliki pemahaman mendalam tentang agama mereka.

Ikuti Bimbingan PPPK 2023 klik 👇

Untuk wadah diskusi PPPK, silahkan gabung grup WA di bawah ini
DISKUSI CPNS (Guru tidak ada CPNS)

🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀🚀

DUKUNG blog ini klik ðŸ‘‰ 
Jika ingin memberi kritik, saran atau berbagi informasi ke kami, silahkan hubungi kami melalui
Email: ubaygurupai2021@gmail.com 
Jangan lupa untuk mengisi ðŸ‘‰ 
Yuk baca ðŸ‘‰ 

Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top