UP PAI - Kisi-kisi dan Contoh Soal

11 minute read
0

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ
Ikuti Channel WA PPG 👉 bit.ly/4eXRBI1 (GRATIS)
Follow Tiktok kami, klik 👉 


Assalamua'alaikum Pejuang PPG Kemenag PAI, 

Semoga Alloh memberikan keberkahan dan keberhasilan untuk antum, silahkan kisi-kisi dipelajari untuk persiapan Ujian yang Paling Menentukan. namun sebelum baca ✨10 Tips Sukses PPG  (pengalaman admin) 



Berikut ini poin utama Kisi-Kisi PAI, contoh soalnya di bawah (Versi lengkap: bit.ly/Kisi2UPKemenag )

1. Disajikan deskripsi materi tentang pembentukan akhlak karimah, mahasiswa dapat menentukan rumusan tujuan pembelajaran ranah sikap yang paling sesuai dengan indikator tujuan supaya peserta didik dapat meningkatkan keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia.


2. Disajikan narasi materi tentang kasus pernikahan, mahasiswa dapat menentukan rumusan tujuan pembelajaran ranah pengetahuan yang paling sesuai dengan indikator supaya peserta didik mampu berpikir kritis.


3. Disajikan pernyataan materi tentang kriteria hadis shalih, mahasiswa dapat menentukan rumusan tujuan pembelajaran ranah keterampilan yang paling sesuai dengan indikator supaya peserta didik memiliki semangat gotong royong.


4. Disajikan deskripsi kasus pengembangan materi tentang takdir seseorang, mahasiswa dapat menentukan rumusan indikat tujuan pembelajaran ranah sikap yang paling sesuai dengan materi supaya peserta didik memiliki sikap penerimaan terhadap tradisi.


5. Disajikan deskripsi materi tentang ayat Muhkamat dan Mutasyabihat, mahasiswa dapat menentukan rumusan indikator tujuan pembelajaran ranah pengetahuan yang paling sesuai dengan materi supaya peserta didik memiliki kemampuan berpikir dinamis dan inovatif.


6. Disajikan deskripsi aktivitas pembelajaran guru dalam perencanaan tujuan pembelajaran pada materi ayat muhkamat atau mutasyabihat dengan pendekatan PBL, mahasiswa dapat menganalisis materi ajar kajian tafsir berdasarkan struktur keilmuan pada perencanaan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik. 


7. Disajikan deskripsi aktivitas guru dalam pelaksanaan tujuan pembelajaran pada materi klasifikasi hadis dengan pendekatan PjBL, mahasiswa dapat menganalisis materi ajar khasifikasi hadis berdasarkan struktur keilmuan pada pelaksanaan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.


8. Disajikan narasi kasus guru melakukan evaluasi pembelajaran pada materi rahasia takdir dengan pendekatan DBL, mahasiswa dapat menguraikan materi ajar hubungan takdir dengan iman kepada hari akhir pada evaluasi tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.


9. Disajikan pernyataan praktik pedagogi tentang perencanaan materi ajar pembentukan akhlak karimah secara logis dengan pendekatan TPACK, mahasiswa dapat menentukan alur materi ajar pembentukan akhlak karimah sebagai pilar pengembangan karakter bangsa dalam perencanaan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.


10. Disajikan pernyataan praktik pedagogi tentang pelaksanaan materi ajar fiqih kontemporer secara logis dengan pendekatan DL, mahasiswa dapat menentukan alur materi ajar tetang fiqih kontemporer dalam pelaksanaan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.


11. Disajikan pernyataan praktik pedagogi tentang pelaksanaan materi ajar pada transformasi peradaban Islam secara logis dengan model pelayanan konseling, mahasiswa dapat menentukan alur materi ajar transformasi peradaban Islam dalam mengevaluasi tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.


12. Disajikan pernyataan praktik pedagogi tentang pelaksanaan program penguatan profile pelajar pancasila (P5) secara logis, mahasiswa dapat menentukan pengembangan materi ajar nilai-nilai P5 dalam merencanakan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.


13. Disajikan pernyataan praktik pedagogi tentang pelaksanaan program Penguatan profile pelajar rahmatan lil alami (PPRA) secara logis, mahasiswa dapat menentukan pengembangan materi ajar nilai-nilai PPRA dalam melaksanakan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.


14. Disajikan pernyataan praktik pedagog atau praktek di masyarakat tentang imlementasi nilai-nilai moderasi beragama secara logis, mahasiswa dapat menentukan pengembangan materi ajar niali-nilai Islam sebagai agama moderat atau wasathiyah yang tepat sesuai dengan implementasi moderasi beragama dalam mengevaluasi tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.


15. Disajikan pernyataan praktik pedagogi atau praktek di masyarakat tentang alasan imlementasi nilai-nilai moderasi beragama, mahasiswa dapat menilai pegembangan materi ajar Islam sebagai agama moderat atau wasathiyah dengan alasan yang tepat sesuai dengan implementasi moderasi beragama.


16. Disajikan deskripsi penerapan pembelajaran dengan materi kajian tafsir sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis masalah sesuai dengan materi pembelajaran.


17. Disajikan pernyataan penerapan pembelajaran dengan materi klasifikasi hadis sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis masalah sesuai dengan pengetahuan pedagogik.


18. Disajikan deskripsi kasus penerapan pembelajaran dengan materi hubungan takdir dengan iman kepada hari akhir sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis masalah sesuai dengan pengetahuan teknologi.


19. Disajikan deskripsi kasus penerapan pembelajaran dengan materi kajian Mu'jizat, karamah dan sihir sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis perbedaan individu sesuai dengan materi pembelajaran.


20. Disajikan pernyataan kasus penerapan pembelajaran dengan materi pembentukan akhlak karimah sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis perbedaan individu sesuai dengan pengetahuan pedagogi.


21. Disajikan pernyataan penerapan pembelajaran dengan materi fiqih kontemporer sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis perbedaan individu sesuai dengan pengetahuan teknologi.


22. Disajikan narasi kasus penerapan pembelajaran dengan materi hak-hak rakyat dalam perspektif Islam sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis pembelajaran mendalam sesuai dengan materi pembelajaran.


23. Disajikan narasi kasus penerapan pembelajaran dengan materi perkembangan kepemimpinan Islam sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis pembelajaran mendalam sesuai dengan pengetahuan pedagogi.


24. Disajikan kasus penerapan pembelajaran dengan materi pendidikan nilai atau karakter sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis pembelajaran mendalam sesuai dengan pengetahuan teknologi.


25. Disajikan kasus penerapan pembelajaran dengan materi Islam sebagai agama yang moderat sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis TPACK sesuai dengan materi pembelajaran.


26. Diberikan kasus penyajian materi kajian tafsir yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan strategi pembelajaran berpendekatan PBL guna menciptkan suasana belajar yang aman untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.


27. Diberikan kasus penyajian materi klasifikasi hadis yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan strategi pembelajaran berpendekatan PjBL guna menciptkan suasana belajar yang nyaman untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.


28. Diberikan kasus penyajian materi hubungan takdir dengan iman kepada hari akhir yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan strategi pembelajaran berpendekatan DBL guna menciptkan suasana belajar yang membahagiakan untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.


29. Diberikan kasus penyajian materi mu'jizat, karamah, atau sihir yang materinya tidak sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan model pembelajaran berpendekatan DL guna menciptkan suasana belajar yang akomodatif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.


30. Diberikan kasus penyajian materi pembentuka akhlak karimah yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan model pembelajaran berpendekatan TPACK guna menciptkan suasana belajar yang adaptif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.


31. Diberikan kasus penyajian materi fiqih kontemporer yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan model pembelajaran berbasis pelayanan bimbingan konseling guna menciptkan suasana belajar yang progresif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.


32. Diberikan kasus penyajian materi hak-hak rakyat dalam perspektif Islam yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan pendekatan pembelajaran berbasis pelayanan ABK guna menciptkan lingkungan belajar yang akomodatif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.


33. Diberikan kasus penyajian materi perkembangan kepemimpinan Islam yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan pendekatan pembelajaran yang relevan guna menciptkan lingkungan belajar yang adaptif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.


34. Diberikan kasus penyajian materi pendidikan nilai atau karakter yang materinya tidak sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan pendekatan pembelajaran yang relevan guna menciptkan lingkungan belajar yang progresif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.


35. Diberikan kasus penyajian materi Islam sebagai agama yang moderat yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan pendekatan pembelajaran yang relevan guna menciptkan lingkungan belajar yang membahagiakan untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.


36 Disajikan deskripsi pembelajaran materi kajian tafsir dengan pendekatan PBL, mahasiswa dapat menentukan teknik asesmen yang tepat sesuai karakter peserta didik pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.


37. Disajikan deskripsi pembelajaran materi klasifikasi hadis dengan pendekatan PjBL, mahasiswa dapat menentukan instrumen asesmen yang tepat sesuai karakter peserta didik pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.


38. Disajikan deskripsi pembelajaran materi hubungan takdir dengan iman kepada hari akhir dengan pendekatan DL, mahasiswa dapat menentukan teknik asesmen yang tepat sesuai lingkungan belajar pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.


39. Disajikan deskripsi pembelajaran materi mu'jizat, karamah atau sihir, mahasiswa dapat menentukan instrumen asesmen yang tepat sesuai lingkungan belajar pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.


40. Disajikan deskripsi pembelajaran materi pembentukan akhlak karimah, mahasiswa dapat menentukan teknik asesmen yang tepat sesuai tujuan pembelajaran pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.


41. Disajikan deskripsi pembelajaran materi fiqih kontemporer, mahasiswa dapat menentukan instrumen asesmen yang tepat sesuai tujuan pembelajaran pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.


42. Disajikan diskripsi pembelajaran materi hak-hak rakyat dalam perspektif Islam, mahasiswa dapat menentukan teknik asesmen yang tepat dengan mempertimbangkan hasil asesmen sebelumnya pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.


43. Disajikan deskripsi pembelajaran materi perkembangan kepemimpinan Islam, mahasiswa dapat menentukan instrumen asesmen yang tepat dengan mempertimbangkan hasil asesmen sebelumnya pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.


44. Disajikan deskripsi pembelajaran materi pendidikan nilai atau karakter, mahasiswa dapat menentukan teknik asesmen yang tepat dengan mempertimbangkan hasil asesmen awal pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.


45. Disajikan deskripsi pembelajaran materi Islam sebagai agama yang moderat, mahasiswa dapat menentukan instumen asesmen yang tepat dengan mempertimbangkan hasil asesmen awal pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.


46. Disajikan narasi praktek pembelajaran seorang guru dengan materi fiqih kontemporer dengan menekankan pada aspek konten, pedagogi dan teknologi yang berpotensi menimbulkan masalah pembelajaran, mahasiswa dapat mengidentifikasi praktik baik/best practice dalam merencanakan pembelajaran yang berkualitas secara berkelanjutan.


47. Disajikan narasi praktek pembelajaran seorang guru dengan materi perkembangan kepemimpinan Islam dengan menekankan pada aspek konten, pedagogi dan teknologi yang berpotensi menimbulkan masalah pembelajaran, mahasiswa dapat mengidentifikasi praktik baik/best practice dalam pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas secara berkelanjutan.


48. Disajikan narasi contoh praktek pembelajaran seorang guru dengan materi pembentukan akhlak karimah dengan menekankan pada aspek konten, pedagogi dan teknologi yang berpotensi menimbulkan masalah pembelajaran, mahasiswa dapat mengidentifikasi praktik baik/best practice dalam evaluasi pembelajaran yang berkualitas secara berkelanjutan.


49. Disajikan narasi kemampuan guru dalam penguasaan materi di era digital dan AI, mahasiswa dapat menilai kemampuan guru sebagai modal pengembangan diri guru secara berkelanjutan.


50. Disajikan narasi kemampuan guru dalam penggunaan AI untuk pembelajaran yang bermakna, mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah dan solusinya secara ilmiah untuk menunjukkan jati diri sebagai guru profesional sesuai dengan karakteristik dan Gaya Belajar Peserta Didik Gen Z dan Alpha.



Contoh Soal

1. Ketika materi "Perkembangan Kepemimpinan Islam" dianggap ketinggalan zaman, pendekatan pembelajaran yang paling relevan untuk menciptakan lingkungan adaptif adalah...

A. Ceramah satu arah

B. Flipped classroom dengan integrasi studi kasus kepemimpinan modern

C. Hafalan teks klasik

D. Diskusi terbatas tanpa referensi aktual

E. Pembelajaran berbasis textbook tanpa modifikasi


2. Untuk menyajikan materi "Pendidikan Karakter" yang sesuai zaman, pendekatan progresif yang dapat digunakan adalah...

A. Proyek kolaboratif tentang nilai-nilai universal (kejujuran, toleransi) dengan analisis media sosial

B. Menghafal definisi karakter tanpa praktik

C. Pembelajaran eksklusif tanpa melibatkan teknologi

D. Ceramah tentang konsep lama tanpa kontekstualisasi

E. Evaluasi hanya melalui ujian tertulis


3. Agar materi "Islam Moderat" relevan dan menciptakan lingkungan belajar membahagiakan, pendekatan yang tepat adalah...

A. Dialog interaktif dengan contoh kasus toleransi di dunia digital

B. Monotonisasi pembahasan tanpa diskusi

C. Menghindari isu kontemporer

D. Fokus pada perbedaan tanpa solusi

E. Pembelajaran tanpa refleksi pribadi


4. Teknik asesmen yang tepat untuk materi "Kajian Tafsir" dengan pendekatan PBL adalah...

A. Presentasi proyek tafsir kontekstual dan rubrik penilaian

B. Ujian pilihan ganda standar

C. Menghafal ayat tanpa analisis

D. Tugas individu tanpa umpan balik

E. Asesmen hanya pada aspek pengetahuan


5. Instrumen asesmen untuk materi "Klasifikasi Hadis" dengan PjBL adalah...

A. Portofolio analisis hadis dan checklist autentisitas

B. Kuis hafalan matan

C. Observasi tanpa kriteria jelas

D. Tes esai teoritis tanpa aplikasi

E. Penilaian subjektif guru


6. "Seorang guru mengajarkan materi 'Perkembangan Kepemimpinan Islam' dengan metode ceramah monoton, tanpa melibatkan studi kasus kepemimpinan modern atau teknologi. Peserta didik terlihat pasif dan kurang tertarik."

Berdasarkan narasi tersebut, praktik terbaik (best practice) untuk memperbaiki kualitas pembelajaran secara berkelanjutan adalah...

A. Mengintegrasikan analisis kepemimpinan Nabi Muhammad SAW dengan studi kasus CEO Muslim era digital

B. Mempertahankan metode ceramah karena sudah terbukti tradisional

C. Menghindari diskusi kontroversial tentang kepemimpinan

D. Mengurangi pemanfaatan teknologi agar tidak mengganggu konsentrasi

E. Hanya mengevaluasi melalui ujian tertulis


7. Best practice dalam pembelajaran "Fiqih Kontemporer" yang mengintegrasikan konten, pedagogi, dan teknologi adalah...

A. Menggunakan AI untuk simulasi kasus hukum modern

B. Mengandalkan textbook tanpa pembaruan

C. Menghindari debat isu aktual

D. Fokus pada hafalan tanpa kritik

E. Pembelajaran tanpa evaluasi formatif


8. Solusi untuk guru yang kesulitan menggunakan AI dalam pembelajaran bermakna bagi Gen Z adalah...

A. Pelatihan AI tools (ChatGPT, Canva) dan adaptasi gaya belajar visual-digital

B. Tetap menggunakan metode konvensional

C. Mengabaikan karakteristik generasi Alpha

D. Membatasi akses teknologi

E. Berfokus hanya pada konten teks


9. Pembelajaran 'Pendidikan Nilai' di kelas X menggunakan proyek kolaboratif membuat konten TikTok tentang toleransi. Hasil asesmen awal menunjukkan 30% peserta didik kesulitan mengaitkan nilai Islam dengan konteks modern. Teknik asesmen lanjutan yang tepat adalah...

A. Self-assessment berbasis portofolio + peer review konten

B. Tes tertulis tentang sejarah akhlak Nabi

C. Penilaian hanya berdasarkan likes di TikTok

D. Menghapus proyek dan kembali ke ceramah

E. Memberikan nilai rata-rata tanpa umpan balik


10. Peserta didik Gen Alpha (lahir 2010-an) kurang tertarik pada materi 'Akhlak Karimah' yang disajikan secara tekstual. Solusi berbasis AI yang efektif adalah...

A. Gamifikasi pembelajaran via aplikasi (e.g., Quizziz tentang kisah Nabi) + chatbot simulasi etika

B. Memaksa peserta didik menulis tangan di buku

C. Menunjukkan video ceramah tanpa interaksi

D. Menghukum yang tidak memperhatikan

E. Mengurangi porsi materi akhlak


Berikut kunci jawaban :

  1. B
  2. A
  3. A
  4. A
  5. A
  6. A
  7. A
  8. A
  9. A
  10. A

✨ Mau lulus PPG tanpa galau dan bingung sendiri?
🎓 Kami sudah bantu lebih dari 3000 alumni PPG Kemenag!
👉 Sekarang giliran kamu!

AYO GABUNG SEKARANG!
👇👇👇👇👇👇
┈••✦☪︎✦••┈🕋┈••✦☪︎✦••┈

DUKUNG blog ini klik 👉 

Jika ingin memberi kritik, saran atau berbagi informasi ke kami, silahkan hubungi kami melalui
Email: ubaygurupai2021@gmail.com 

Jangan lupa untuk mengisi 👉 
Yuk baca 👉 


Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top