UP PGMI - Kisi-Kisi dan Contoh Soal

11 minute read
0

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ
Ikuti Channel WA PPG 👉 bit.ly/4eXRBI1 (GRATIS)
Follow Tiktok kami, klik 👉 


Assalamua'alaikum Pejuang PPG Kemenag PGMI, 

Semoga Alloh memberikan keberkahan dan keberhasilan untuk antum, silahkan kisi-kisi dipelajari untuk persiapan Ujian yang Paling Menentukan. namun sebelum baca ✨10 Tips Sukses PPG  (pengalaman admin) 


Berikut ini poin utama Kisi-Kisi PGMI, contoh soalnya di bawah (Versi lengkap: bit.ly/Kisi2UPKemenag )

1. Disajikan deskripsi materi tentang Pengenalan Huruf dan Kata, mahasiswa dapat menentukan rumusan tujuan pembelajaran ranah sikap yang paling sesuai dengan indikator tujuan supaya peserta didik dapat meningkatkan keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia.


2. Disajikan pernyataan materi tentang pancasila dan keluarga, mahasiswa dapat menentukan rumusan tujuan pembelajaran ranah pengetahuan yang paling sesuai dengan indikator supaya peserta didik mampu berpikir kritis.


3. Disajikan pernyataan materi tentang teori dan aplikasi materi ajar Ilmu Fisik, mahasiswa dapat menentukan rumusan tujuan pembelajaran ranah keterampilan yang paling sesuai dengan indikator supaya peserta didik memiliki semangat gotong royong.


4. Disajikan deskripsi kasus pengembangan materi tentang Diri Sendiri dan Keluarga atau Lingkungan Sekitar, mahasiswa dapat menentukan rumusan indikator tujuan pembelajaran ranah sikap yang paling sesuai dengan materi supaya peserta didik memiliki sikap penerimaan terhadap tradisi.


5. Disajikan deskripsi materi tentang Bilangan, mahasiswa dapat menentukan rumusan indikator tujuan pembelajaran ranah pengetahuan yang paling sesuai dengan materi supaya peserta didik memiliki kemampuan berpikir dinamis dan inovatif.


6. Disajikan deskripsi aktivitas pembelajaran guru dalam perencanaan tujuan pembelajaran pada materi bahasa Indonesia dengan pendekatan PBL, mahasiswa dapat menganalisis materi ajar membaca dan menulis kalimat sederhana berdasarkan struktur keilmuan pada perencanaan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.


7. Disajikan deskripsi aktivitas guru dalam pelaksanaan tujuan pembelajaran pada materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan pendekatan PjBL, mahasiswa dapat menganalisis materi kehidupan sosial di masyarakat berdasarkan struktur keilmuan pada pelaksanaan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.


8. Disajikan narasi kasus guru melakukan evaluasi pembelajaran pada materi Ilmu Pengetahuan Alam dengan pendekatan DBL, mahasiswa dapat menguraikan materi Ilmu Kehidupan atau Getaran dan Gelombang dalam evaluasi tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.


9. Disajikan pernyataan praktik pedagogi tentang perencanaan materi ajar ilmu pengetahuan sosial secara logis dengan pendekatan TPACK, mahasiswa dapat menentukan alur materi ajar Kehidupan Sosial dan Budaya dalam perencanaan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.


10. Disajikan pernyataan praktik pedagogi tentang pelaksanaan materi ajar matematika secara logis dengan pendekatan DL, mahasiswa dapat menentukan alur materi Bilangan Pecahan pada pelaksanaan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.


11. Disajikan pernyataan praktik pedagogi tentang pelaksanaan materi ajar pembelajaran tematik secara logis dengan model pelayanan konseling, mahasiswa dapat menentukan alur materi ajar Karakteristik Pembelajaran Tematik dalam mengevaluasi tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.


12. Disajikan pernyataan praktik pedagogi tentang pelaksanaan program penguatan profil pelajar pancasila (P5) secara logis, mahasiswa dapat menentukan pengembangan materi ajar nilai-nilai P5 dalam merencanakan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.


13. Disajikan pernyataan praktik pedagogi tentang pelaksanaan program Penguatan profil pelajar rahmatan lil ‘alamin (PPRA) secara logis, mahasiswa dapat menentukan pengembangan materi ajar nilai-nilai PPRA dalam melaksanakan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.


14. Disajikan pernyataan praktik pedagogi atau praktek di masyarakat tentang implementasi nilai-nilai moderasi beragama secara logis, mahasiswa dapat menentukan pengembangan materi ajar nilai-nilai Islam sebagai agama moderat atau wasathiyah yang tepat sesuai dengan implementasi moderasi beragama dalam mengevaluasi tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.


15. Disajikan pernyataan praktik pedagogi atau praktek di masyarakat tentang alasan implementasi nilai-nilai moderasi beragama, mahasiswa dapat menilai pengembangan materi ajar Islam sebagai agama moderat atau wasathiyah dengan alasan yang tepat sesuai dengan implementasi moderasi beragama.


16. Disajikan deskripsi penerapan pembelajaran dengan materi menulis cerita sederhana dan membaca nyaring sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis masalah sesuai dengan materi pembelajaran.


17. Disajikan pernyataan penerapan pembelajaran dengan materi menghargai keragaman sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis masalah sesuai dengan pengetahuan pedagogik.


18. Disajikan deskripsi kasus penerapan pembelajaran dengan materi Makhluk Hidup dan Lingkungan atau Perubahan Alam, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis masalah sesuai dengan pengetahuan teknologi.


19. Disajikan deskripsi kasus penerapan pembelajaran dengan materi Peta dan Bumi sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis perbedaan individu sesuai dengan materi pembelajaran.


20. Disajikan pernyataan kasus penerapan pembelajaran dengan materi Geometri sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis perbedaan individu sesuai dengan pengetahuan pedagogi.


21. Disajikan pernyataan penerapan pembelajaran dengan materi Pengukuran sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis perbedaan individu sesuai dengan pengetahuan teknologi.


22. Disajikan narasi kasus penerapan pembelajaran dengan materi Prinsip-prinsip Pembelajaran Tematik sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis pembelajaran mendalam sesuai dengan materi pembelajaran.


23. Disajikan narasi kasus penerapan pembelajaran dengan materi Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Tematik sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis pembelajaran mendalam sesuai dengan pengetahuan pedagogi.


24. Disajikan kasus penerapan pembelajaran dengan materi implementasi pendidikan karakter atau pendidikan nilai sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis pembelajaran mendalam sesuai dengan pengetahuan teknologi.


25. Disajikan kasus penerapan pembelajaran dengan materi implementasi moderasi beragama di Indonesia sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis TPACK sesuai dengan materi pembelajaran.


26. Diberikan kasus penyajian materi struktur teks dan membuat surat yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan strategi pembelajaran berpendekatan PBL guna menciptakan suasana belajar yang aman untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.


27. Diberikan kasus penyajian materi Pancasila sebagai dasar negara yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan strategi pembelajaran berpendekatan PjBL guna menciptakan suasana belajar yang nyaman untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.


28. Diberikan kasus penyajian materi Benda dan Sifatnya atau Bumi dan Alam Semesta yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan strategi pembelajaran berpendekatan DBL guna menciptakan suasana belajar yang membahagiakan untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.


29. Diberikan kasus penyajian materi Sejarah Bangsa Indonesia yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan model pembelajaran berpendekatan DL guna menciptakan suasana belajar yang akomodatif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.


30. Diberikan kasus penyajian materi Statistika atau Peluang yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan model pembelajaran berpendekatan TPACK guna menciptakan suasana belajar yang adaptif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.


31. Diberikan kasus penyajian materi Statistika atau Peluang yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan model pembelajaran berbasis pelayanan bimbingan konseling guna menciptakan suasana belajar yang progresif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.


32. Diberikan kasus penyajian materi teori dan aplikasi materi ajar Contoh Jaring Tema dalam Pembelajaran Tematik yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan pendekatan pembelajaran berbasis pelayanan ABK guna menciptakan lingkungan belajar yang akomodatif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.


33. Diberikan kasus penyajian materi teori dan aplikasi materi ajar Ruang Lingkup Materi Tematik di Madrasah Ibtidaiyah yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan pendekatan pembelajaran yang relevan guna menciptakan lingkungan belajar yang adaptif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.


34. Diberikan kasus penyajian materi pendidikan nilai atau pendidikan karakter yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan pendekatan pembelajaran yang relevan guna menciptakan lingkungan belajar yang progresif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.


35. Diberikan kasus penyajian materi implementasi moderasi beragama di Indonesia yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan pendekatan pembelajaran yang relevan guna menciptakan lingkungan belajar yang membahagiakan untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.


36. Disajikan deskripsi pembelajaran materi membaca teks dan menyampaikan pendapat dengan pendekatan PBL, mahasiswa dapat menentukan teknik asesmen yang tepat sesuai karakter peserta didik pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.


37. Disajikan deskripsi pembelajaran materi hak dan kewajiban warga negara atau sistem pemerintahan di Indonesia dengan pendekatan PjBL, mahasiswa dapat menentukan instrumen asesmen yang tepat sesuai karakter peserta didik pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.


38. Disajikan deskripsi pembelajaran materi Energi dan Perubahannya atau Sistem Organisme dengan pendekatan DL, mahasiswa dapat menentukan teknik asesmen yang tepat sesuai lingkungan belajar pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.


39. Disajikan deskripsi pembelajaran materi Perubahan Sosial dan Ekonomi, mahasiswa dapat menentukan instrumen asesmen yang tepat sesuai lingkungan belajar pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.


40. Disajikan deskripsi pembelajaran materi Bilangan Pecahan, mahasiswa dapat menentukan teknik asesmen yang tepat sesuai tujuan pembelajaran pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.


41. Disajikan deskripsi pembelajaran materi Geometri, mahasiswa dapat menentukan instrumen asesmen yang tepat sesuai tujuan pembelajaran pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.


42. Disajikan deskripsi pembelajaran materi Karakteristik Pembelajaran Tematik, mahasiswa dapat menentukan teknik asesmen yang tepat dengan mempertimbangkan hasil asesmen sebelumnya pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.


43. Disajikan deskripsi pembelajaran materi Prinsip-prinsip Pembelajaran Tematik, mahasiswa dapat menentukan instrumen asesmen yang tepat dengan mempertimbangkan hasil asesmen sebelumnya pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.


44. Disajikan deskripsi pembelajaran materi implementasi pendidikan nilai atau pendidikan karakter, mahasiswa dapat menentukan teknik asesmen yang tepat dengan mempertimbangkan hasil asesmen awal pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.


45. Disajikan deskripsi pembelajaran materi implementasi moderasi beragama di Indonesia, mahasiswa dapat menentukan instrumen asesmen yang tepat dengan mempertimbangkan hasil asesmen awal pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.


46. Disajikan narasi praktek pembelajaran seorang guru dengan materi menulis cerita pendek dan membaca teks informasi dengan menekankan pada aspek konten, pedagogi dan teknologi, mahasiswa dapat mengidentifikasi praktik baik/best practice dalam merencanakan pembelajaran yang berkualitas secara berkelanjutan.


47. Disajikan narasi praktek pembelajaran seorang guru dengan materi Pengukuran dengan menekankan pada aspek konten, pedagogi dan teknologi, mahasiswa dapat mengidentifikasi praktik baik/best practice dalam pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas secara berkelanjutan.


48. Disajikan narasi contoh praktek pembelajaran seorang guru dengan materi Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Tematik dengan menekankan pada aspek konten, pedagogi dan teknologi, mahasiswa dapat mengidentifikasi praktik baik/best practice dalam evaluasi pembelajaran yang berkualitas secara berkelanjutan.


49. Disajikan narasi kemampuan guru dalam penguasaan materi pembelajaran tematik di era digital dan AI, mahasiswa dapat menilai kemampuan guru sebagai modal pengembangan diri guru secara berkelanjutan.


50. Disajikan narasi kemampuan guru dalam penggunaan AI untuk pembelajaran bahasa Indonesia, IPA, IPS, PPKn atau Matematika yang bermakna, mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah dan solusinya secara ilmiah untuk menunjukkan jati diri sebagai guru profesional sesuai dengan karakteristik dan Gaya Belajar Peserta Didik Gen Z dan Alpha.


Contoh Soal

1. Dalam merancang pembelajaran materi “Menghargai Keragaman” di kelas IV SD, guru ingin menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning). Pendekatan ini paling tepat digunakan karena:
A. Peserta didik belajar menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan nyata dalam konteks keberagaman.
B. Guru dapat mengevaluasi pemahaman peserta didik secara individu tanpa melibatkan kerja kelompok.
C. Materi lebih cepat disampaikan dan peserta didik lebih mudah menghafal isi pelajaran.
D. Guru bisa langsung memberikan solusi atas semua permasalahan di kelas.
E. Peserta didik lebih banyak mengerjakan latihan tertulis dari buku paket.

Jawaban: A

2. Seorang guru kelas menerapkan pembelajaran “Makhluk Hidup dan Lingkungannya” dengan pendekatan PBL berbasis teknologi. Strategi yang paling tepat dilakukan guru adalah:
A. Menugaskan peserta didik untuk menggambar secara manual rantai makanan.
B. Meminta siswa membaca buku IPA dan membuat rangkuman.
C. Menggunakan aplikasi simulasi interaktif untuk mengeksplorasi ekosistem lokal, lalu mendiskusikan solusi atas kerusakan lingkungan.
D. Menonton video dokumenter tanpa refleksi atau kegiatan lanjutan.
E. Memberikan soal-soal pilihan ganda dari LKS tanpa praktik lapangan.

Jawaban: C


3. Dalam pembelajaran “Peta dan Bumi”, guru menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis perbedaan individu. Pendekatan ini digunakan agar:
A. Semua peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran dengan cara yang sama.
B. Guru dapat mengelompokkan peserta didik berdasarkan hasil ujian sebelumnya.
C. Setiap peserta didik diberi ruang untuk memahami materi dengan gaya belajar yang berbeda, seperti visual, kinestetik, atau auditori.


D. Pembelajaran dilakukan hanya untuk peserta didik berprestasi tinggi.
E. Guru lebih fokus pada materi dibandingkan proses belajar.

Jawaban: C

4. Dalam mengajarkan materi “Geometri” di kelas rendah, guru memilih pendekatan berbasis perbedaan individu. Pendekatan ini tepat diterapkan karena:
A. Peserta didik memiliki kecepatan belajar dan gaya belajar yang beragam, sehingga pembelajaran dapat disesuaikan.
B. Semua peserta didik diwajibkan menyelesaikan soal yang sama dengan cara yang sama.
C. Guru dapat menyelesaikan materi lebih cepat karena menggunakan metode ceramah.
D. Pembelajaran lebih terfokus pada kemampuan siswa dalam menjawab soal ujian.
E. Guru lebih mudah dalam memberikan penilaian secara seragam.

Jawaban: A


5. Dalam pembelajaran materi "Struktur Teks dan Membuat Surat", guru menemukan bahwa materi kurang relevan dengan konteks zaman sekarang. Untuk menciptakan suasana belajar yang aman dan menghasilkan lulusan berkarakter unggul, guru paling tepat memilih strategi:
A. Ceramah satu arah dengan penjelasan guru secara detail.
B. Problem-Based Learning (PBL) agar peserta didik dapat mengaitkan isi surat dengan kebutuhan nyata di masyarakat.
C. Menghafal jenis-jenis surat sesuai buku teks.
D. Memberikan tugas membuat surat dengan tema yang sudah ditentukan guru.
E. Menayangkan video tentang sejarah surat menyurat.

Jawaban: B

6. Materi “Statistika atau Peluang” disajikan dengan pendekatan yang tidak sesuai perkembangan zaman. Untuk menciptakan pembelajaran yang adaptif, guru paling tepat memilih pendekatan:
A. Eksperimen laboratorium tanpa refleksi hasil.
B. Ceramah dan penugasan latihan soal.
C. TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) yang mengintegrasikan teknologi, pedagogik, dan konten secara seimbang.
D. Drill soal-soal Ujian Sekolah tanpa kontekstualisasi.
E. Tanya jawab di kelas tanpa penggunaan media digital.

Jawaban: C


7. Seorang guru menggunakan pendekatan Problem-Based Learning untuk materi “Membaca Teks dan Menyampaikan Pendapat”. Teknik asesmen yang paling tepat dilakukan adalah:
A. Menilai hafalan peserta didik terhadap isi teks.
B. Menyusun tes pilihan ganda tentang isi bacaan.
C. Observasi sikap saat diskusi, lembar kerja analisis teks, dan penilaian keterampilan berbicara.
D. Memberikan nilai berdasarkan jumlah halaman yang dibaca.
E. Ujian akhir semester berbasis tes tulis.

Jawaban: C

8. Dalam pembelajaran materi “Perubahan Sosial dan Ekonomi”, guru hendak menilai hasil belajar dengan memperhatikan lingkungan belajar. Instrumen asesmen yang paling sesuai digunakan adalah:
A. Kuis harian dengan soal tertutup.
B. Portofolio yang mencerminkan pemahaman peserta didik melalui proyek nyata dan pengamatan lingkungan sekitar.
C. Tes objektif yang menilai ingatan peserta didik.
D. Lembar pilihan ganda tentang teori ekonomi.
E. Tugas makalah tanpa presentasi.

Jawaban: B


9. Pada pembelajaran “Karakteristik Pembelajaran Tematik”, guru ingin menentukan teknik asesmen dengan mempertimbangkan hasil asesmen sebelumnya. Langkah paling tepat yang dilakukan guru adalah:
A. Memberikan soal yang sama dengan asesmen sebelumnya untuk perbandingan nilai.
B. Menyusun asesmen formatif baru yang disesuaikan dengan perkembangan capaian peserta didik.
C. Mengulang materi karena peserta didik belum memahami sepenuhnya.
D. Mengadakan tes sumatif setiap minggu.
E. Hanya menilai aspek kognitif karena paling mudah diamati.

Jawaban: B

10 Dalam pembelajaran tentang moderasi beragama di Indonesia, guru ingin mengintegrasikan pendekatan pembelajaran berbasis TPACK. Pendekatan ini tepat karena:
A. Guru cukup menyampaikan materi menggunakan ceramah dan buku teks.
B. Peserta didik belajar mandiri tanpa pendampingan guru.
C. Integrasi teknologi, pedagogi, dan konten memungkinkan peserta didik memahami nilai moderasi secara kontekstual dan kritis.
D. Guru lebih mudah mengukur nilai peserta didik dari satu aspek saja.
E. Semua pembelajaran diarahkan untuk menyelesaikan soal-soal ujian nasional.

Jawaban: C 

Mau lulus PPG tanpa galau dan bingung sendiri?
🎓 Kami sudah bantu lebih dari 3000 alumni PPG Kemenag!
👉 Sekarang giliran kamu!

AYO GABUNG SEKARANG!
👇👇👇👇👇👇
┈••✦☪︎✦••┈🕋┈••✦☪︎✦••┈

DUKUNG blog ini klik 👉 

Jika ingin memberi kritik, saran atau berbagi informasi ke kami, silahkan hubungi kami melalui
Email: ubaygurupai2021@gmail.com 

Jangan lupa untuk mengisi 👉 
Yuk baca 👉 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top