UP Qur'an Hadits - Kisi-kisi dan Contoh Soal

10 minute read
0

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ
Ikuti Channel WA PPG 👉 bit.ly/4eXRBI1 (GRATIS)
Follow Tiktok kami, klik 👉 


Assalamua'alaikum Pejuang PPG Kemenag Qur'an Hadits, 

Semoga Alloh memberikan keberkahan dan keberhasilan untuk antum, silahkan kisi-kisi dipelajari untuk persiapan Ujian yang Paling Menentukan. namun sebelum baca ✨10 Tips Sukses PPG  (pengalaman admin) 


Berikut ini poin utama Kisi-Kisi UP Qur'an Hadits, contoh soalnya di bawah (Versi lengkap: bit.ly/Kisi2UPKemenag )


1. Disajikan deskripsi materi tentang Pengertian Al-Quran, Wahyu, Ilham, dan Ta’lim, mahasiswa dapat menentukan rumusan tujuan pembelajaran ranah sikap yang paling sesuai dengan indikator tujuan supaya peserta didik dapat meningkatkan keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia.

2. Disajikan pernyataan materi tentang pemahaman Ulum al-Hadis, mahasiswa dapat menentukan rumusan tujuan pembelajaran ranah pengetahuan yang paling sesuai dengan indikator supaya peserta didik mampu berpikir kritis.

3. Disajikan pernyataan materi tentang sejarah pertumbuhan dan penghimpunan hadis, mahasiswa dapat menentukan rumusan tujuan pembelajaran ranah keterampilan yang paling sesuai dengan indikator supaya peserta didik memiliki semangat gotong royong.

4. Disajikan deskripsi kasus pengembangan materi tentang metode tafsir tematik, mahasiswa dapat menentukan rumusan tujuan pembelajaran ranah sikap yang paling sesuai dengan materi supaya peserta didik memiliki sikap penerimaan terhadap tradisi.

5. Disajikan deskripsi materi tentang konsep tawassuth dalam al-Quran dan hadis, mahasiswa dapat menentukan rumusan indikator tujuan pembelajaran ranah pengetahuan yang paling sesuai dengan materi supaya peserta didik memiliki kemampuan berpikir dinamis dan inovatif.

6. Disajikan deskripsi aktivitas pembelajaran guru dalam perencanaan tujuan pembelajaran materi nuzul al-Qur'an dengan pendekatan PBL, mahasiswa dapat menganalisis materi ajar tahapan atau sejarah turunnya Al-Quran berdasarkan struktur keilmuan pada perencanaan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.

7. Disajikan deskripsi aktivitas guru dalam pelaksanaan tujuan pembelajaran materi hadis dha'if dengan pendekatan PjBL, mahasiswa dapat menganalisis materi ajar kriteria hadis dhaif berdasarkan struktur keilmuan pada pelaksanaan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.

8. Disajikan narasi kasus guru melakukan evaluasi pembelajaran materi keotentikan hadis dengan pendekatan DBL, mahasiswa dapat menguraikan materi ajar macam-macam hadis dalam evaluasi tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.

9. Disajikan pernyataan praktik pedagogi tentang perencanaan materi kajian tafsir al-Qur'an secara logis dengan pendekatan TPACK, mahasiswa dapat menentukan alur materi ajar metode tafsir tematik dalam perencanaan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.

10. Disajikan pernyataan praktik pedagogi tentang pelaksanaan materi ajar konsep tawassuth secara logis dengan pendekatan DL, mahasiswa dapat menentukan alur materi ajar tentang konsep tawassuth dalam al-Quran dan Hadis pada pelaksanaan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.

11. Disajikan pernyataan praktik pedagogi tentang pelaksanaan materi ajar hermeneutik secara logis dengan model pelayanan konseling, mahasiswa dapat menentukan alur materi ajar Hermeneutik dalam Kajian al-Qur'an dalam mengevaluasi tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.

12. Disajikan pernyataan praktik pedagogi tentang pelaksanaan program penguatan profil pelajar pancasila (P5) secara logis, mahasiswa dapat menentukan pengembangan materi ajar nilai-nilai P5 dalam merencanakan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.

13. Disajikan pernyataan praktik pedagogi tentang pelaksanaan program Penguatan profil pelajar rahmatan lil alamin (PPRA) secara logis, mahasiswa dapat menentukan pengembangan materi ajar nilai-nilai PPRA dalam melaksanakan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.

14. Disajikan pernyataan praktik pedagogi atau praktik di masyarakat tentang implementasi nilai-nilai moderasi beragama secara logis, mahasiswa dapat menentukan pengembangan materi ajar nilai-nilai Islam sebagai agama moderat atau wasathiyah yang tepat sesuai dengan implementasi moderasi beragama dalam mengevaluasi tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.

15. Disajikan pernyataan praktik pedagogi atau praktik di masyarakat tentang alasan implementasi nilai-nilai moderasi beragama, mahasiswa dapat menilai pengembangan materi ajar Islam sebagai agama moderat atau wasathiyah dengan alasan yang tepat sesuai dengan implementasi moderasi beragama.

16. Disajikan deskripsi penerapan pembelajaran dengan materi Konsep Ayat dan Surat Makkiyah dan Madaniyah sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis masalah sesuai dengan materi pembelajaran.

17. Disajikan pernyataan penerapan pembelajaran dengan materi Perbedaan Al-Qur'an, Hadis Nabawi, atau Hadis Qudsi sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis masalah sesuai dengan pengetahuan pedagogik.

18. Disajikan deskripsi kasus penerapan pembelajaran dengan materi Metode Takhrij Hadis sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis masalah sesuai dengan pengetahuan teknologi.

19. Disajikan deskripsi kasus penerapan pembelajaran dengan materi Metode Tafsir Kontekstual sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis perbedaan individu sesuai dengan materi pembelajaran.

20. Disajikan pernyataan kasus penerapan pembelajaran dengan materi ajar Konsep Tasamuh dalam al-Quran dan Hadis sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis perbedaan individu sesuai dengan pengetahuan pedagogi.

21. Disajikan pernyataan penerapan pembelajaran dengan materi Konsep Tawazun dalam al-Quran dan Hadis sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis perbedaan individu sesuai dengan pengetahuan teknologi.

22. Disajikan narasi kasus penerapan pembelajaran dengan materi Pendekatan Semantik dalam Kajian al-Qur'an sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis pembelajaran mendalam sesuai dengan materi pembelajaran.

23. Disajikan narasi kasus penerapan pembelajaran dengan materi Wawasan Kebangsaan dalam Perspektif al-Qur'an dan Hadis sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis pembelajaran mendalam sesuai dengan pengetahuan pedagogi.

24. Disajikan kasus penerapan pembelajaran dengan materi Pengertian Pendidikan Karakter sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis pembelajaran mendalam sesuai dengan pengetahuan teknologi.

25. Disajikan kasus penerapan pembelajaran dengan materi Kajian Historis Moderasi Beragama di Indonesia sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis TPACK sesuai dengan materi pembelajaran.

26. Diberikan kasus penyajian materi Qashash dalam Al-Quran yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan strategi pembelajaran berpendekatan PBL guna menciptkan suasana belajar yang aman untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.

27. Diberikan kasus penyajian materi Pemahaman tentang Struktur Hadis yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan strategi pembelajaran berpendekatan PjBL guna menciptkan suasana belajar yang nyaman untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.

28. Diberikan kasus penyajian materi Metode Takhrij Hadis yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan strategi pembelajaran berpendekatan DBL guna menciptkan suasana belajar yang membahagiakan untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.

29. Diberikan kasus penyajian materi Metode Tafsir Kontemporer yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan model pembelajaran berpendekatan DL guna menciptkan suasana belajar yang akomodatif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.

30. Diberikan kasus penyajian materi Konsep Tawassuth dalam al-Quran dan Hadis yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan model pembelajaran berpendekatan TPACK guna menciptkan suasana belajar yang adaptif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.

31. Diberikan kasus penyajian materi Konsep Tawazun dalam al-Quran dan Hadis yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan model pembelajaran berbasis pelayanan bimbingan konseling guna menciptkan suasana belajar yang progresif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.

32. Diberikan kasus penyajian materi Pendekatan Semantik dalam Kajian al-Qur'an yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan pendekatan pembelajaran berbasis pelayanan ABK guna menciptkan lingkungan belajar yang akomodatif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.

33. Diberikan kasus penyajian materi Wawasan Kebangsaan dalam Perspektif al-Qur'an dan Hadis yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan pendekatan pembelajaran yang relevan guna menciptkan lingkungan belajar yang adaptif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.

34. Diberikan kasus penyajian materi Pendidikan Karakter dalam Perspektif al-Quran dan Hadis yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan pendekatan pembelajaran yang relevan guna menciptkan lingkungan belajar yang progresif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.

35. Diberikan kasus penyajian materi Moderasi Beragama dalam Konteks Al-Qur'an dan Hadis yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan pendekatan pembelajaran yang relevan guna menciptkan lingkungan belajar yang membahagiakan untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.

36. Disajikan deskripsi pembelajaran materi Qashash dalam Al-Quran dengan pendekatan PBL, mahasiswa dapat menentukan teknik asesmen yang tepat sesuai karakter peserta didik pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.

37. Disajikan deskripsi pembelajaran materi Pemahaman tentang Struktur Hadis dengan pendekatan PjBL, mahasiswa dapat menentukan instrumen asesmen yang tepat sesuai karakter peserta didik pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.

38. Disajikan deskripsi pembelajaran materi Al-Jarh wa Ta’dil Hadis dengan pendekatan DL, mahasiswa dapat menentukan teknik asesmen yang tepat sesuai lingkungan belajar pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.

39. Disajikan deskripsi pembelajaran materi Studi Makkiyah dan Madaniyah dalam Penafsiran al-Quran, mahasiswa dapat menentukan instrumen asesmen yang tepat sesuai lingkungan belajar pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.

40. Disajikan deskripsi pembelajaran materi Konsep Tawassuth dalam al-Quran dan Hadis, mahasiswa dapat menentukan teknik asesmen yang tepat sesuai tujuan pembelajaran pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.

41. Disajikan deskripsi pembelajaran materi Konsep Tawazun dalam al-Quran dan Hadis, mahasiswa dapat menentukan instrumen asesmen yang tepat sesuai tujuan pembelajaran pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.

42. Disajikan deskripsi pembelajaran materi Pendekatan Semantik dalam Kajian al-Qur'an, mahasiswa dapat menentukan teknik asesmen yang tepat dengan mempertimbangkan hasil asesmen sebelumnya pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.

43. Disajikan deskripsi pembelajaran materi Wawasan Kebangsaan dalam Perspektif al-Qur'an dan Hadis, mahasiswa dapat menentukan instrumen asesmen yang tepat dengan mempertimbangkan hasil asesmen sebelumnya pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.

44. Disajikan deskripsi pembelajaran materi Pengembangan Nilai-Nilai Karakter dalam Pendidikan, mahasiswa dapat menentukan teknik asesmen yang tepat dengan mempertimbangkan hasil asesmen awal pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.

45. Disajikan deskripsi pembelajaran materi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Al-Qur'an dan Hadis, mahasiswa dapat menentukan instrumen asesmen yang tepat dengan mempertimbangkan hasil asesmen awal pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.

46. Disajikan narasi praktek pembelajaran seorang guru dengan materi Studi Makkiyah dan Madaniyah dalam Penafsiran al-Quran dengan menekankan pada aspek konten, pedagogi dan teknologi yang berpotensi menimbulkan masalah pembelajaran, mahasiswa dapat mengidentifikasi praktik baik/best practice dalam merencanakan pembelajaran yang berkualitas secara berkelanjutan.

47. Disajikan narasi praktek pembelajaran seorang guru dengan materi Metode Takhrij Hadis dengan menekankan pada aspek konten, pedagogi dan teknologi yang berpotensi menimbulkan masalah pembelajaran, mahasiswa dapat mengidentifikasi praktik baik/best practice dalam pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas secara berkelanjutan.

48. Disajikan narasi contoh praktek pembelajaran seorang guru dengan materi Hermeneutik dalam Kajian al-Qur'an dengan menekankan pada aspek konten, pedagogi dan teknologi yang berpotensi menimbulkan masalah pembelajaran, mahasiswa dapat mengidentifikasi praktik baik/best practice dalam evaluasi pembelajaran yang berkualitas secara berkelanjutan.

49. Disajikan narasi kemampuan guru dalam penguasaan materi Qur'an Hadis di era digital dan AI, mahasiswa dapat menilai kemampuan guru sebagai modal pengembangan diri guru secara berkelanjutan.

50. Disajikan narasi kemampuan guru dalam penggunaan AI untuk pembelajaran Qur'an Hadis yang bermakna, mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah dan solusinya secara ilmiah untuk menunjukkan jati diri sebagai guru profesional sesuai dengan karakteristik dan Gaya Belajar Peserta Didik Gen Z dan Alpha.


Contoh Soal

Soal 1:

1. Penyajian materi Konsep Tawassuth dalam al-Quran dan Hadis yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman. Model pembelajaran manakah yang paling tepat untuk digunakan agar tercipta suasana belajar yang adaptif guna menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing?
A. Pendekatan TPACK (Teknologi, Pedagogi, dan Konten)
B. Pembelajaran berbasis proyek (PjBL)
C. Pembelajaran berbasis masalah (PBL)
D. Model pembelajaran konvensional
E. Pendekatan berbasis pengalaman (Experiential Learning)
Jawaban yang benar: A

Soal 2:

Penyajian materi Konsep Tawazun dalam al-Quran dan Hadis yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman. Pendekatan pembelajaran manakah yang tepat digunakan untuk menciptakan suasana belajar yang progresif guna menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing?
A. Pembelajaran berbasis pelayanan bimbingan konseling
B. Pembelajaran berbasis eksperimen
C. Pembelajaran berbasis proyek (PjBL)
D. Pembelajaran kooperatif
E. Pembelajaran berbasis teknologi
Jawaban yang benar: A

Soal 3:

Penyajian materi Pendekatan Semantik dalam Kajian al-Qur'an yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman. Pendekatan pembelajaran manakah yang tepat untuk menciptakan lingkungan belajar yang akomodatif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing?
A. Pembelajaran berbasis ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)
B. Pembelajaran berbasis teknologi informasi
C. Pembelajaran berbasis masalah (PBL)
D. Pembelajaran berbasis diskusi kelompok
E. Pembelajaran berbasis projek
Jawaban yang benar: A

Soal 4:

Penyajian materi Wawasan Kebangsaan dalam Perspektif al-Qur'an dan Hadis yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman. Pendekatan pembelajaran manakah yang relevan untuk menciptakan lingkungan belajar yang adaptif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing?
A. Pembelajaran berbasis pengalaman
B. Pembelajaran berbasis layanan bimbingan konseling
C. Pembelajaran berbasis proyek (PjBL)
D. Pembelajaran berbasis teknologi
E. Pembelajaran berbasis diskusi
Jawaban yang benar: C

Soal 5:

Penyajian materi Pendidikan Karakter dalam Perspektif al-Qur'an dan Hadis yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman. Pendekatan pembelajaran manakah yang relevan untuk menciptakan lingkungan belajar yang progresif guna menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing?
A. Pembelajaran berbasis PjBL
B. Pembelajaran berbasis teknologi informasi
C. Pembelajaran berbasis diskusi interaktif
D. Pembelajaran berbasis eksperimen
E. Pembelajaran berbasis tes
Jawaban yang benar: A

Soal 6:

Penyajian materi Moderasi Beragama dalam Konteks Al-Qur'an dan Hadis yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman. Pendekatan pembelajaran manakah yang relevan untuk menciptakan lingkungan belajar yang membahagiakan guna menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing?
A. Pendekatan berbasis layanan bimbingan konseling
B. Pendekatan berbasis pendidikan karakter
C. Pembelajaran berbasis teknologi
D. Pembelajaran berbasis PjBL
E. Pembelajaran berbasis pengalaman
Jawaban yang benar: A

Soal 7:

Deskripsi pembelajaran materi Qashash dalam Al-Quran dengan pendekatan PBL. Teknik asesmen manakah yang paling tepat untuk digunakan dalam pembelajaran materi Qashash untuk menilai aspek sikap, pengetahuan, atau keterampilan?
A. Asesmen berbasis rubrik
B. Tes tertulis
C. Observasi langsung
D. Kuis interaktif
E. Portofolio
Jawaban yang benar: A

Soal 8:

Deskripsi pembelajaran materi Pemahaman tentang Struktur Hadis dengan pendekatan PjBL. Instrumen asesmen manakah yang paling tepat untuk digunakan dalam pembelajaran materi Pemahaman tentang Struktur Hadis pada aspek sikap, pengetahuan, atau keterampilan?
A. Observasi
B. Tes tertulis
C. Kuis online
D. Self-assessment
E. Proyek kelompok
Jawaban yang benar: E

Soal 9:

Deskripsi pembelajaran materi Al-Jarh wa Ta’dil Hadis dengan pendekatan DL. Teknik asesmen manakah yang paling tepat untuk digunakan dalam pembelajaran materi Al-Jarh wa Ta’dil Hadis dengan pendekatan DL pada aspek sikap, pengetahuan, atau keterampilan?
A. Observasi langsung
B. Tes berbasis pilihan ganda
C. Asesmen portofolio
D. Asesmen berbasis proyek
E. Tes berbasis praktik
Jawaban yang benar: B

Soal 10:

Deskripsi pembelajaran materi Studi Makkiyah dan Madaniyah dalam Penafsiran al-Quran. Instrumen asesmen manakah yang paling tepat untuk digunakan dalam pembelajaran materi Studi Makkiyah dan Madaniyah dalam Penafsiran al-Quran pada aspek sikap, pengetahuan, atau keterampilan?
A. Tes tertulis
B. Kuis lisan
C. Observasi kelas
D. Asesmen berbasis proyek
E. Penilaian peer review

Jawaban yang benar: D 



✨ Mau lulus PPG tanpa galau dan bingung sendiri?
🎓 Kami sudah bantu lebih dari 3000 alumni PPG Kemenag!
👉 Sekarang giliran kamu!

AYO GABUNG SEKARANG!
👇👇👇👇👇👇
┈••✦☪︎✦••┈🕋┈••✦☪︎✦••┈

DUKUNG blog ini klik 👉 

Jika ingin memberi kritik, saran atau berbagi informasi ke kami, silahkan hubungi kami melalui
Email: ubaygurupai2021@gmail.com 

Jangan lupa untuk mengisi 👉 
Yuk baca 👉 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top