Assalamua'alaikum Pejuang PPG Kemenag Qur'an SKI,
Semoga Alloh memberikan keberkahan dan keberhasilan untuk antum, silahkan kisi-kisi dipelajari untuk persiapan Ujian yang Paling Menentukan. namun sebelum baca ✨10 Tips Sukses PPG (pengalaman admin)
Berikut ini poin utama Kisi-Kisi UP SKI, contoh soalnya di bawah (Versi lengkap: bit.ly/Kisi2UPKemenag )
1. Disajikan deskripsi
materi tentang Kondisi dan Peradaban Jazirah Arab Pra Islam, mahasiswa dapat menentukan rumusan tujuan
pembelajaran ranah sikap yang paling sesuai dengan indikator tujuan supaya
peserta didik dapat meningkatkan keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia.
2. Disajikan
pernyataan materi tentang Nabi Muhammad sebelum Hijrah ke Madinah, mahasiswa dapat menentukan rumusan tujuan
pembelajaran ranah pengetahuan yang paling sesuai dengan indikator supaya
peserta didik mampu berpikir kritis.
3. Disajikan
pernyataan materi tentang Sistem pemerintahan masa kepemimpinan Abu Bakar atau
Umar Bin Khatab, mahasiswa
dapat menentukan rumusan tujuan pembelajaran ranah keterampilan yang
paling sesuai dengan indikator supaya peserta didik memiliki semangat gotong
royong.
4. Disajikan deskripsi
kasus pengembangan materi tentang Teori Masuknya Islam di Indonesia atau Asia
Tenggara, mahasiswa dapat
menentukan rumusan indikator tujuan pembelajaran ranah sikap yang paling
sesuai dengan materi supaya peserta didik memiliki sikap penerimaan terhadap
tradisi.
5. Disajikan deskripsi
materi tentang Sistem Pemerintahan Islam pada masa Kekhalifahan Dinasti
Ayubiyah, mahasiswa dapat
menentukan rumusan indikator tujuan pembelajaran ranah pengetahuan yang
paling sesuai dengan materi supaya peserta didik memiliki kemampuan berpikir
dinamis dan inovatif.
6. Disajikan deskripsi
aktivitas pembelajaran guru dalam perencanaan tujuan pembelajaran pada materi kondisi jazirah Arab atau
peradaban pra Islam dengan pendekatan PBL, mahasiswa dapat menganalisis
materi ajar Agama Bangsa Arab Pra Islam berdasarkan struktur keilmuan
pada perencanaan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta
didik.
7. Disajikan deskripsi
aktivitas guru dalam pelaksanaan tujuan pembelajaran pada materi Nabi Muhammad sebelum kerasulan
sampai hirah ke Madinah dengan pendekatan PjBL, mahasiswa dapat
menganalisis materi ajar Kondisi Sosio-Kultural Masyarakat Madinah
Pra-Hijrah berdasarkan struktur keilmuan pada pelaksanaan tujuan
pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.
8. Disajikan narasi
kasus guru melakukan evaluasi pembelajaran pada materi Islam masa khulafaaurrasyidin dengan pendekatan DBL,
mahasiswa dapat menguraikan materi ajar Islam masa khulafaaurrosyidin: Abu
Bakar, Umar Bin Khattab dalam evaluasi tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik
peserta didik.
9. Disajikan
pernyataan praktik pedagogi tentang perencanaan materi ajar pada materi Islam masa khulafaaurrasyidin
secara logis dengan pendekatan TPACK, mahasiswa dapat menentukan alur
materi ajar Perkembangan ilmu pengetahuan masa kepemimpinan Utsman Bin Affan
atau Ali Bin Abi Thalib dalam perencanaan tujuan pembelajaran sesuai dengan
karakteristik peserta didik.
10. Disajikan
pernyataan praktik pedagogi tentang pelaksanaan materi ajar sejarah masuknya
Islam di Indonesia, Asia
Tenggara, Afrika, Eropa, Amerika atau Australia secara logis dengan pendekatan DL,
mahasiswa dapat menentukan alur materi ajar tentang sejarah masuknya Islam di Indonesia,
Asia Tenggara, Afrika, Eropa, Amerika, atau Australia pada pelaksanaan
tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik.
11. Disajikan
pernyataan praktik pedagogi tentang pelaksanaan materi ajar sistem Pemerintahan
Islam Dinasti Ayyubiyah dan faktor penyebab keruntuhannya secara logis dengan
model pelayanan konseling,
mahasiswa dapat menentukan alur materi ajar Faktor-faktor Penyebab Runtuhnya
Dinasti Ayyubiyah dalam mengevaluasi tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik
peserta didik.
12. Disajikan
pernyataan praktik pedagogi tentang pelaksanaan program penguatan profile
pelajar pancasila (P5) secara
logis, mahasiswa dapat menentukan pengembangan materi ajar nilai-nilai P5
dalam merencanakan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta
didik.
13. Disajikan
pernyataan praktik pedagogi tentang pelaksanaan program Penguatan profile
pelajar rahmatan lil alami (PPRA) secara logis, mahasiswa dapat menentukan pengembangan materi ajar
nilai-nilai PPRA dalam melaksanakan tujuan pembelajaran sesuai dengan karakteristik
peserta didik.
14. Disajikan
pernyataan praktik pedagogi atau praktek di masyarakat tentang implementasi
nilai-nilai moderasi beragama secara logis, mahasiswa dapat menentukan pengembangan materi ajar nilai-nilai
Islam sebagai agama moderat atau wasathiyah yang tepat sesuai dengan
implementasi moderasi beragama dalam mengevaluasi tujuan pembelajaran
sesuai dengan karakteristik peserta didik.
15. Disajikan
pernyataan praktik pedagogi atau praktek di masyarakat tentang alasan
implementasi nilai-nilai moderasi beragama, mahasiswa dapat menilai pengembangan materi ajar Islam sebagai
agama moderat atau wasathiyah dengan alasan yang tepat sesuai dengan
implementasi moderasi beragama.
16. Disajikan deskripsi
penerapan pembelajaran dengan materi Peradaban Bangsa Arab Pra Islam sesuai dengan struktur keilmuan,
mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran
berbasis masalah sesuai dengan materi pembelajaran.
17. Disajikan
pernyataan penerapan pembelajaran dengan materi Perjalanan dari Makkah ke
Yatsrib (Madinah) sesuai
dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan
pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis masalah sesuai dengan pengetahuan
pedagogik.
18. Disajikan deskripsi
kasus penerapan pembelajaran dengan materi Akhir Pemerintahan atau Kematian Abu
Bakar atau Umar Bin Khattab,
mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran
berbasis masalah sesuai dengan pengetahuan teknologi.
19. Disajikan deskripsi
kasus penerapan pembelajaran dengan materi Akhir Pemerintahan atau Kematian
Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan
pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis perbedaan individu sesuai
dengan materi pembelajaran.
20. Disajikan
pernyataan kasus penerapan pembelajaran dengan materi ajar Strategi Dakwah
Walisongo dan perkembangan Islam di Nusantara sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan
pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis perbedaan individu sesuai
dengan pengetahuan pedagogi.
21. Disajikan
pernyataan penerapan pembelajaran dengan materi bentuk-bentuk Tradisi Islam
Nusantara sesuai dengan struktur
keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan
pembelajaran berbasis perbedaan individu sesuai dengan pengetahuan
teknologi.
22. Disajikan narasi
kasus penerapan pembelajaran dengan materi proses berdirinya Dinasti Umayyah di
Damaskus sesuai dengan struktur
keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan pembelajaran berpendekatan
pembelajaran berbasis pembelajaran mendalam sesuai dengan materi
pembelajaran.
23. Disajikan narasi
kasus penerapan pembelajaran dengan materi Faktor Penyebab Runtuhnya Khalifah
Bani Umayah di Damaskus sesuai
dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih rancangan
pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis pembelajaran mendalam
sesuai dengan pengetahuan pedagogi.
24. Disajikan kasus
penerapan pembelajaran dengan materi implementasi pendidikan karakter atau
pendidikan nilai sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih
rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis pembelajaran
mendalam sesuai dengan pengetahuan teknologi.
25. Disajikan kasus
penerapan pembelajaran dengan materi implementasi moderasi beragama di
Indonesia sesuai dengan struktur keilmuan, mahasiswa dapat memilih
rancangan pembelajaran berpendekatan pembelajaran berbasis TPACK sesuai
dengan materi pembelajaran.
26. Diberikan kasus
penyajian materi Kehidupan Sosial, Politik dan Ekonomi di Jazirah Arab
yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat
menentukan penggunaan strategi pembelajaran berpendekatan PBL guna
menciptakan suasana belajar yang aman untuk menghasilkan lulusan yang
berkarakter unggul dan berdaya saing.
27. Diberikan kasus penyajian materi Peristiwa Hijrah Nabi Ke Madinah yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan strategi pembelajaran berpendekatan PjBL guna menciptakan suasana belajar yang nyaman untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan berdaya saing.
28. Diberikan kasus
penyajian materi Strategi dakwah Abu Bakar atau Umar Bin Khattab yang
materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan
penggunaan strategi pembelajaran berpendekatan DBL guna menciptakan
suasana belajar yang membahagiakan untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter
unggul dan berdaya saing.
29. Diberikan kasus
penyajian materi Strategi dakwah Utsman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib
yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat
menentukan penggunaan model pembelajaran berpendekatan DL guna
menciptakan suasana belajar yang akomodatif untuk menghasilkan lulusan yang
berkarakter unggul dan berdaya saing.
30. Diberikan kasus
penyajian materi pemikiran tokoh-tokoh Islam Indonesia era Modern
Kontemporer yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman,
mahasiswa dapat menentukan penggunaan model pembelajaran berpendekatan TPACK
guna menciptakan suasana belajar yang adaptif untuk menghasilkan lulusan yang
berkarakter unggul dan berdaya saing.
31. Diberikan kasus
penyajian materi sejarah masuknya Islam di Asia Tenggara yang materinya
kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan penggunaan
model pembelajaran berbasis pelayanan bimbingan konseling guna menciptakan
suasana belajar yang progresif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter
unggul dan berdaya saing.
32. Diberikan kasus
penyajian materi Sistem Pemerintahan Islam pada masa Dinasti Abbasiyah
yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat
menentukan penggunaan pendekatan pembelajaran berbasis pelayanan ABK
guna menciptakan lingkungan belajar yang akomodatif untuk menghasilkan lulusan
yang berkarakter unggul dan berdaya saing.
33. Diberikan kasus
penyajian materi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan tokoh-tokohnya pada masa
Dinasti Abbasiyyah yang materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman,
mahasiswa dapat menentukan penggunaan pendekatan pembelajaran yang relevan guna
menciptakan lingkungan belajar yang adaptif untuk menghasilkan lulusan yang
berkarakter unggul dan berdaya saing.
34. Diberikan kasus
penyajian materi pendidikan nilai atau pendidikan karakter yang
materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan
penggunaan pendekatan pembelajaran yang relevan guna menciptakan lingkungan
belajar yang progresif untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul dan
berdaya saing.
35. Diberikan kasus
penyajian materi implementasi moderasi beragama di Indonesia yang
materinya kurang sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa dapat menentukan
penggunaan pendekatan pembelajaran yang relevan guna menciptakan lingkungan
belajar yang membahagiakan untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter unggul
dan berdaya saing.
36. Disajikan deskripsi
pembelajaran materi Kehidupan Sosial, Politik dan Ekonomi di Jazirah Arab
dengan pendekatan PBL, mahasiswa dapat menentukan teknik asesmen yang
tepat sesuai karakter peserta didik pada aspek sikap, pengetahuan atau
keterampilan.
37. Disajikan deskripsi
pembelajaran materi Dakwah Islam Nabi di Madinah dengan pendekatan PjBL,
mahasiswa dapat menentukan instrumen asesmen yang tepat sesuai karakter peserta
didik pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.
38. Disajikan deskripsi
pembelajaran materi Masa Kepemimpinan Abu Bakar atau Umar Bin Khattab
dengan pendekatan DL, mahasiswa dapat menentukan teknik asesmen yang
tepat sesuai lingkungan belajar pada aspek sikap, pengetahuan atau
keterampilan.
39. Disajikan deskripsi
pembelajaran materi Masa Kepemimpinan Utsman Bin Affan atau Ali Bin Abi
Thalib, mahasiswa dapat menentukan instrumen asesmen yang tepat sesuai
lingkungan belajar pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.
40. Disajikan deskripsi
pembelajaran materi Sejarah masuknya Islam di Afrika, Eropa, Amerika atau
Australia, mahasiswa dapat menentukan teknik asesmen yang tepat sesuai
tujuan pembelajaran pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.
41. Disajikan deskripsi
pembelajaran materi Tokoh-tokoh Pengetahuan Islam di Afrika, Eropa, Amerika
atau Australia, mahasiswa dapat menentukan instrumen asesmen yang tepat
sesuai tujuan pembelajaran pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.
42. Disajikan deskripsi
pembelajaran materi Proses Berdirinya Kekhalifahan Bani Umayyah di Andalusia,
mahasiswa dapat menentukan teknik asesmen yang tepat dengan mempertimbangkan
hasil asesmen sebelumnya pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.
43. Disajikan deskripsi
pembelajaran materi Sistem Pemerintahan Islam pada masa Dinasti Umayyah di
Andalusia, mahasiswa dapat menentukan instrumen asesmen yang tepat dengan
mempertimbangkan hasil asesmen sebelumnya pada aspek sikap, pengetahuan atau
keterampilan.
44. Disajikan deskripsi
pembelajaran materi implementasi pendidikan nilai atau pendidikan karakter,
mahasiswa dapat menentukan teknik asesmen yang tepat dengan mempertimbangkan
hasil asesmen awal pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.
45. Disajikan deskripsi
pembelajaran materi implementasi moderasi beragama di Indonesia,
mahasiswa dapat menentukan instrumen asesmen yang tepat dengan mempertimbangkan
hasil asesmen awal pada aspek sikap, pengetahuan atau keterampilan.
46. Disajikan narasi
praktek pembelajaran seorang guru dengan materi Hijrahnya Nabi ke Madinah
dengan menekankan pada aspek konten, pedagogi dan teknologi yang berpotensi
menimbulkan masalah pembelajaran, mahasiswa dapat mengidentifikasi praktik
baik/best practice dalam merencanakan pembelajaran yang berkualitas secara
berkelanjutan.
47. Disajikan narasi
praktek pembelajaran seorang guru dengan materi kisah kepemimpinan Utsman
Bin Affan atau Ali Bin Abi Thalib dengan menekankan pada aspek konten,
pedagogi dan teknologi yang berpotensi menimbulkan masalah pembelajaran,
mahasiswa dapat mengidentifikasi praktik baik/best practice dalam pelaksanaan
pembelajaran yang berkualitas secara berkelanjutan.
48. Disajikan narasi
contoh praktek pembelajaran seorang guru dengan materi Sistem Pemerintahan
Islam pada masa Kekhalifahan Dinasti Ayubiyah dengan menekankan pada aspek
konten, pedagogi dan teknologi yang berpotensi menimbulkan masalah
pembelajaran, mahasiswa dapat mengidentifikasi praktik baik/best practice dalam
evaluasi pembelajaran yang berkualitas secara berkelanjutan.
49. Disajikan narasi
kemampuan guru dalam penguasaan materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di era
digital dan AI, mahasiswa dapat menilai kemampuan guru sebagai modal
pengembangan diri guru secara berkelanjutan.
50. Disajikan narasi
kemampuan guru dalam penggunaan AI untuk pembelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam (SKI) yang bermakna, mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah dan
solusinya secara ilmiah untuk menunjukkan jati diri sebagai guru profesional
sesuai dengan karakteristik dan Gaya Belajar Peserta Didik Gen Z dan Alpha.
Contoh Soal
1. Seorang guru akan mengajarkan materi tentang sistem pemerintahan Islam pada masa Dinasti Abbasiyah. Guru ingin memastikan bahwa materi yang disampaikan tersusun secara berkelanjutan agar kompetensi peserta didik berkembang dari waktu ke waktu. Apa langkah awal yang sebaiknya dilakukan guru untuk membangun struktur pembelajaran yang berkesinambungan?
A. Menyusun soal ulangan harian di awal pembelajaran
B. Memulai dari topik yang paling kompleks terlebih dahulu
C. Mengidentifikasi capaian pembelajaran sebelumnya dan kebutuhan peserta didik
D. Menggunakan media pembelajaran yang menarik secara visual
E. Memberikan tugas proyek di awal pembelajaran
✅ Jawaban benar: C. Mengidentifikasi capaian pembelajaran sebelumnya dan kebutuhan peserta didik
2. Dalam membahas perkembangan ilmu pengetahuan dan tokoh-tokoh masa Dinasti Abbasiyah, guru ingin menggunakan strategi yang membuat siswa tidak hanya tahu isi materi, tapi juga bisa mengaitkannya dengan kehidupan masa kini. Strategi pembelajaran apa yang paling relevan digunakan dalam konteks ini?
A. Ceramah satu arah agar semua materi tersampaikan
B. Mengajak siswa menyimak video dokumenter tanpa diskusi
C. Diskusi kelompok dan studi kasus tokoh ilmuwan masa Abbasiyah
D. Mewajibkan siswa menghafal nama dan tahun hidup tokoh
E. Memberikan ringkasan materi dan soal pilihan ganda
✅ Jawaban benar: C. Diskusi kelompok dan studi kasus tokoh ilmuwan masa Abbasiyah
3. Ketika mengajarkan proses berdirinya Kekhalifahan Bani Umayyah di Andalusia, guru ingin memanfaatkan teknologi agar pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami peserta didik. Cara penggunaan teknologi seperti apa yang paling tepat untuk mendukung pembelajaran ini?
A. Menggunakan slideshow PowerPoint berisi teks saja
B. Memutar film sejarah tanpa penjelasan lanjutan
C. Mendesain infografis interaktif atau video pembelajaran yang bisa diakses siswa
D. Memberikan tugas mencatat isi buku sejarah
E. Membagikan artikel dan menyuruh siswa membaca sendiri
✅ Jawaban benar: C. Mendesain infografis interaktif atau video pembelajaran yang bisa diakses siswa
4. Guru sedang menyusun materi ajar tentang sistem pemerintahan Islam masa Dinasti Umayyah di Andalusia. Ia ingin menggunakan pendekatan yang sesuai perkembangan zaman agar siswa lebih antusias belajar. Apa bentuk materi ajar yang paling inovatif dan sesuai perkembangan zaman?
A. Modul cetak hitam putih dari buku lama
B. Penjelasan verbal tanpa media
C. Materi berbasis multimedia interaktif dan aplikasi sejarah digital
D. Rangkuman dalam bentuk esai panjang
E. Makalah ilmiah yang dibacakan guru di kelas
✅ Jawaban benar: C. Materi berbasis multimedia interaktif dan aplikasi sejarah digital
5. Saat mengajarkan materi tentang faktor penyebab runtuhnya Dinasti Umayyah di Andalusia, seorang guru ingin menyusun pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik agar pembelajaran berlangsung efektif. Prinsip pedagogik mana yang paling tepat diterapkan oleh guru dalam kondisi ini?
A. Menerapkan satu strategi untuk semua siswa agar seragam
B. Mengutamakan kecepatan penyampaian materi daripada pemahaman
C. Menyesuaikan pendekatan belajar dengan gaya belajar peserta didik
D. Memberikan materi lebih banyak untuk siswa pintar
E. Fokus hanya pada penyelesaian target kurikulum
✅ Jawaban benar: C. Menyesuaikan pendekatan belajar dengan gaya belajar peserta didik
6. Guru akan menyusun rancangan pembelajaran mengenai sistem pemerintahan Islam masa Dinasti Ayyubiyah. Ia ingin pembelajarannya mengaitkan konteks lokal dan global. Apa manfaat mengaitkan pembelajaran dengan konteks lokal dan global?
A. Mempermudah guru membuat soal ujian
B. Membantu peserta didik memahami nilai global dan tetap berpijak pada identitas lokal
C. Membuat pembelajaran lebih singkat
D. Agar guru tidak perlu menggunakan media digital
E. Mengurangi variasi pembelajaran yang membingungkan
✅ Jawaban benar: B. Membantu peserta didik memahami nilai global dan tetap berpijak pada identitas lokal
7. Seorang guru telah merancang pembelajaran tentang runtuhnya Dinasti Ayyubiyah. Ia ingin memastikan bahwa rancangannya efektif sebelum diterapkan di kelas. Apa langkah terbaik yang dapat dilakukan guru untuk memvalidasi efektivitas rancangan pembelajaran?
A. Langsung digunakan di kelas tanpa uji coba
B. Bertanya kepada siswa apakah mereka senang belajar
C. Menggunakan umpan balik dari uji coba kecil atau peer-review antar guru
D. Hanya membaca ulang rancangan sendiri
E. Menyalin rancangan dari guru lain yang sudah pernah berhasil
✅ Jawaban benar: C. Menggunakan umpan balik dari uji coba kecil atau peer-review antar guru
8. Guru akan mengajarkan teori masuknya Islam ke Nusantara. Ia ingin membuat pembelajaran yang tidak hanya menjawab kebutuhan sekarang, tapi juga relevan untuk masa depan peserta didik. Langkah apa yang sebaiknya dilakukan agar pembelajaran bersifat visioner?
A. Menyajikan materi berdasarkan hafalan semata
B. Menghindari diskusi agar tidak keluar dari topik
C. Mengajak peserta didik berpikir kritis dan reflektif terhadap konteks masa kini dan masa depan
D. Menyampaikan materi secara cepat agar efisien waktu
E. Fokus hanya pada catatan dan ujian akhir semester
✅ Jawaban benar: C. Mengajak peserta didik berpikir kritis dan reflektif terhadap konteks masa kini dan masa depan
9. Seorang guru akan mengajar tentang strategi dakwah Walisongo. Ia ingin merancang pembelajaran yang ramah bagi semua siswa, termasuk mereka dengan perbedaan kemampuan dan latar belakang. Apa prinsip utama dalam merancang pembelajaran yang ramah untuk semua peserta didik?
A. Memberi tugas yang sama persis kepada semua siswa
B. Fokus pada siswa berprestasi saja
C. Mengabaikan perbedaan gaya belajar karena sulit diatur
D. Menyediakan akses, ruang partisipasi, dan kesempatan yang setara bagi semua peserta didik
E. Menghindari aktivitas yang membuat siswa aktif agar tidak ramai
✅ Jawaban benar: D. Menyediakan akses, ruang partisipasi, dan kesempatan yang setara bagi semua peserta didik
10. Dalam mengajarkan bentuk-bentuk tradisi Islam Nusantara, guru ingin agar pembelajaran tetap relevan dengan perkembangan zaman dan dekat dengan keseharian siswa. Penggunaan teknologi seperti apa yang paling tepat dalam konteks ini?
A. Mengirimkan catatan teks panjang via grup WA
B. Menyuruh siswa membuat jurnal tulis tangan setiap hari
C. Meminta siswa membuat konten video pendek tentang tradisi lokal Islam
D. Hanya mengandalkan buku teks cetak
E. Menyampaikan semua materi secara lisan tanpa visual
✅ Jawaban benar: C. Meminta siswa membuat konten video pendek tentang tradisi lokal Islam