Memahami Permendikdasmen No 13 Tahun 2025 tentang Kurikulum

Memahami Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025: Panduan Kurikulum PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah
بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ

Memahami Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025: Panduan Kurikulum PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah

Para pendidik yang terhormat, Peraturan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 13 Tahun 2025 mengatur perubahan atas Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024.

Tujuan dan Latar Belakang

Regulasi ini bertujuan untuk:

  • Mewujudkan manusia beriman, bertakwa, berakhlak mulia, dan berkarakter Pancasila.
  • Menyediakan pendidikan bermutu dan adaptif terhadap perkembangan zaman.

Alasan perubahan meliputi:

  • Penyesuaian dengan kemajuan IPTEK.
  • Respons terhadap perkembangan global.
  • Pengakomodasian keragaman sosial budaya.

Kerangka Dasar Kurikulum

Kerangka dasar kurikulum mencakup:

  • Tujuan: Pendidikan sebagai sarana pembebasan, pembangunan karakter, dan perubahan sosial.
  • Prinsip:
    • Pengembangan karakter (spiritual, moral, sosial, emosional).
    • Fleksibilitas sesuai kebutuhan dan konteks lokal.
    • Fokus pada muatan esensial.
  • Landasan Filosofis: Mengacu pada tokoh seperti John Dewey, Ki Hajar Dewantara, KH Ahmad Dahlan, KH Hasyim Asy’ari, Ki Bagus Hadikusumo, Romo YB Mangunwijaya, dan Syaikh Az-Zarnuji.
  • Landasan Sosiologis: Menjawab tantangan bangsa majemuk dan amanat UUD 1945.
  • Landasan Psikopedagogis: Menyesuaikan pembelajaran dengan psikologi perkembangan dan peran aktif peserta didik.

Pendekatan pembelajaran mendalam (Deep Learning) menekankan pembelajaran berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan, dengan target 8 profil lulusan: keimanan, kewargaan, penalaran kritis, kreativitas, kolaborasi, kemandirian, kesehatan, dan komunikasi.


Perubahan Utama dalam Struktur Kurikulum

Perubahan utama meliputi:

  • Pasal 3(2): Kerangka dasar memuat pendekatan pembelajaran mendalam.
  • Pasal 6: Struktur kurikulum diatur dari PAUD hingga pendidikan kesetaraan.
  • Pasal 16–19: Penataan kokurikuler mencakup kompetensi, tema pembelajaran, dan alokasi waktu tahunan.
  • Pasal 22: Ekstrakurikuler wajib minimal Pramuka atau panduan lain.
  • Pasal 32 & 32A: Implementasi kurikulum bisa bertahap atau serentak; mapel Koding dan Kecerdasan Artifisial dimulai 2025/2026.

Struktur Kurikulum

PAUD:

  • Capaian: Nilai agama, jati diri, literasi, dan STEM dasar.
  • Metode: Bermain bermakna dan terapeutik (untuk TKLB).
  • Waktu:
    • Usia 4–6 tahun: ≥ 900 menit/minggu.
    • Usia 3–4 tahun: ≥ 360 menit/minggu.

SD/MI:

  • Kelas I–VI, termasuk mapel baru: Bahasa Inggris (Kelas III), Koding & AI (Kelas V–VI).
  • Total jam pelajaran (contoh Kelas I): 1.152 JP/tahun.

SMP/MTs:

  • Mapel wajib: PAI, PPKn, Bahasa, IPA, IPS, PJOK, Informatika, Seni/Prakarya.
  • Mapel pilihan: Koding & AI.
  • Total JP: Kelas VII–VIII (1.548 JP/tahun), Kelas IX (1.376 JP/tahun).

SMA/MA:

  • Kelas X: IPA & IPS belum dipisah secara rigid.
  • Kelas XI–XII: Pemilahan kelompok mapel wajib & pilihan (minimal 7 mapel pilihan, termasuk Koding & AI, seni, kejuruan).

Fitur Baru dan Spesial

Mapel Pilihan Koding dan Kecerdasan Artifisial:

  • Disediakan bertahap mulai 2025/2026 untuk SD (Kelas V), SMP, dan SMA.
  • Dialokasikan 2 JP/minggu.

Kokurikuler:

  • Format lintas disiplin, termasuk 7 kebiasaan anak Indonesia hebat.

Ekstrakurikuler:

  • Minimal wajib Pramuka atau yang serupa.

Implementasi

Implementasi kurikulum dilakukan secara bertahap atau serentak sesuai jenjang dan kesiapan satuan pendidikan. Penyesuaian lampiran kurikulum mencakup PAUD, SD–SMA, dan pendidikan kesetaraan.


Perbandingan Permendikdasmen No. 13/2025 vs. Permendikbudristek No. 12/2024

Aspek 2024 2025 Dampak
Pendekatan Kurikulum Merdeka dasar Pendekatan pembelajaran mendalam Lebih bermakna & berkesadaran
Mapel Baru Tidak ada Koding & AI Koding & AI mulai 2025/2026 Adaptasi teknologi modern
Ekstrakurikuler Opsional Wajib minimal Pramuka Penguatan karakter
Implementasi Fleksibel tanpa aturan jelas Bertahap/serentak, terstruktur Lebih terkoordinasi
Kokurikuler Tidak diatur rinci Kompetensi & tema jelas Pembelajaran lintas disiplin

Referensi Regulasi Terkait

Untuk informasi lebih lanjut, pelajari regulasi terkait lainnya:


Unduh Regulasi Lengkap

Detail lengkap tersedia di dokumen resmi berikut:

Unduh Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top